Sat. Jul 27th, 2024

Banda Aceh- Pelaksanaan Upacara Hari Santri Nasional (HSN)  Tahun 2023 Tingkat Kota Banda Aceh berlangsung di Pesantren Modern Babun Najah, Gampong Ulee Kareng. Tardisi peringatan Upacara HSN ini sudah berlangsung sejak Tahun 2015, Pasca Lahirnya Kepres Nomor 22 Tahun 2015. Kegiatan ini berlangsung baik di level Kab/Kota, Provinsi maupun Nasional. (Senin/23/10/2023)

Kegiatan upacara peringatan HSN Tingkat Kota Banda Aceh diikuti ratusan peserta. Bertindak sebagai pembina upacara, Tgk H. Abrar Zym, S.Ag MH, Dalam sambutannya Kakanmenag Kota Banda Aceh membacakan teks Pidato tertulis dari Kementerian Agama Republik Indonesia, mengusung tema : “Jihad Santri, Jayakan Negeri.

Dalam amanat tertulis yang dibacakan Tgk. H. Abrar Zym, S.Ag,M.H antara lain disebutkan bahwa; Hari Santri mengingatkan kita kepada peran besar para santri dan kiyai serta ulama-ulama pendahulu dalam mempertahankan Kemerdekaan RI dari serangan penjajah. Resolusi Jihad yang berisi fatwa melawan penjajahan Belanda membuktikan betapa besar jasa Santri, Kiyai, Ulama Nusantara dalam merebut kemerdekaan Republik Indonesia. Cinta tanah air adalah sebagian dari iman. Karenanya, peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2023 patut menjadi bahan renungan untuk mengajak kita meneladani semangat para santri terdahulu yang telah berjuang sepenuh hati.

Pada masa kemerdekaan seperti sekarang ini, peran kaum santri termasuk para intelektual muslim masih sangat dibutuhkan untuk memajukan Bangsa Indonesia. Santri menjadi pelopor kemajuan Bangsa. Santri harus menjadi contoh yang baik dalam masyarakat, menjunjung tinggi nilai-nilai kebaikan, toleransi dan persatuan.

Santri harus senantiasa melahirkan inovasi baru dalam berbagai bidang. Apalagi bangsa Indonesia saat ini menghadapi berbagai tantangan global, karna itu santri harus mengambil peran kunci dalam menjaga keutuhan nilai-nilai keagamaan dan moral dalam masyarakat. Kini santri di nusantara sudah diperhitungkan dalam pusaran elit nasional. Berbagai Alumni Santri kini berkiprah dijabatan strategis negara, ada yang jadi menteri, ASN, Birokrat, Politisi, Pegusaha, Pimpinan Dayah, Anggota TNI/Polri. Wakil Presiden bahkan calon Wakil Presiden 2024 berasal dari alumni Santri. Diakhir pidatonya Abrar Zym mengajak dan memotivasi seluruh peserta untuk mengucapkan Jargon: “Hari santri 2023, Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan (red)

By fmla

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *