Fri. Feb 23rd, 2024

Banda Aceh- Dayah Terpadu Inshafuddin (DTI) Banda Aceh menggelar rapat pemilihan pengurus Komite Dayah, Sabtu, 24 Juni 2023 di Mushalla DTI.  Kegiatan yang dipandu Wakil Pimpinan DTI, Tgk Nasrul Zahidy, S.Sos dan Kepala Sekolah SMP dan SMA diikuti ratusan wali santri. Kegiatan in dirangkai dengan pembangian rapor kenaikan kelas santri dayah disemua jenjangnya.

Sebagaimana dipahami DTI merupakan salah satu dayah terpadu terbaik yang ada di Aceh umumnya dan Kota Banda Aceh khususnya. Dayah yang terakreditasi A dari Badan Akredityasi Dayah (BADA) Aceh dipimpin oleh Drs. Tgk. H.M Daud Hasbi, M.Ag yang lebih dikenal di kalangan HUDA Aceh Abu Daud Hasbi memiliki 3 program unggulan yaitu; program bahasa Asing (Arab-Ingris), Tahfidz, Kitab Thurats (Kitab Gundul). Dalam berbagai event DTI seringkali mewakili Banda Aceh di level Provinsi dan Nasional, ungkap Pimpinan DTI mewakili Wakil Pimpinan DTI, Tgk Nasrul Zahidy. S.Sos. Hal ini disampaikan saat pembuka sebelum agenda pemilihan Ketua Komite Dayah. Beberapa Santri DTI menjadi juara duta bahasa Asing, bahkan di Tahun 2023 sedang diadakan seleksi duta bahasa Asing dan Alumni DTI menjadi salah satu nominatornya.

Sementara Ketua Umum Yayasan Pembina Inshafuddin, Tgk. H. Burhanuddin MK dalam mukaddimah pidatonya mengatakan, pemilihan Komite Dayah dalam rangka mensinergikan berbagai program dan kebijakan Yayasan, Sekolah, Dayah dan Wali Santri kedepan. Sebagai dasar pembentukan Komite Dayah adalah Permendikbud Nomor 75 Tahun 2016 tentang Komite Sekolah. Karna itu DTI berkewajiban membentuk dan memilih kembali susunan Kepengurusan Komite Dayah yang inklud didalamnya sebagai Komite SMP dan SMA. Karna itu kehadiran Komite Sekolah/Dayah sangat strategis kedepan. Ketua Komite yang terbentuk nantinya juga menjalankan fungsi sebagai Ketua Komite SMP dan Ketua Komite SMA, ini adalah tugas berat. Karna itu perlu dipilih orang-orang yang tepat ungkap Tgk, Burhanduddin.

Pemilihan Ketua Komite Dayah diawali dengan penjaringan 5 nama yang dianggap cakap dari wali santri tingkat SMP dan SMA dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Adapun kelima nama tersebut yaitu ; Sdr Muhammad Syarif, SHI, M.H Kabid SDM dan Manajemen Disdik Dayah Banda Aceh, Jufriadi, S.Pi M,Si Pejabat DPMTSP Aceh, Yuni Saputri, S.Tp, MT pejabat Dinas Pangan Aceh,  Andriani, S.St Pejabat Dinas Pangan Aceh serta Saifudin mantan Komite Dayah Periode sebelumnya (ASN Biro Pembangunan Setda Aceh). Kelima orang tersebut akhirnya terpilih secara Aklamasi Sdr Muhammad Syarif, SHI,M.H sebagai Ketua Komite masa khitmad 2023-2026.

Muhamamd Syarif, SHI,M.H Wali Santri ananda Hauna Azkia ini, salah seorang santriwati berprestasi di SMP Inshafuddin ini mengucapkan terimakasih yang tidak bertepi kepada seluruh Wali Santri Dayah Terpadu Inshafuddin. Muhammad Syarif berjanji akan menjalankan amanah ini dengan baik. Ini adalah tugas berat yang dipikul apalagi Komite Dayah juga menjalankan fungsi sebagai Ketua Komite SMP dan SMA dilingkungan Dayah Terpadu Inshafuddin.  Pasca terpilih langsung dikukuhkan dan di SK-Kan oleh Ketua Umum Yayasan Tgk. H.Buhanuddin MK sesuai SK Nomor 031/Ib-YPI/VI/2023 tanggal 24 Juni 2023 dengan Susunan Pengurus sebagai berikut:

Muhammad Syarif, SHI,M.H sebagai Ketua

Jufriadi, S.Pi, M.Si sebagai Wakil Ketua

Yuni Saputri, S.Tp, MT Sekretaris

Andriani, S.St sebagai Bendahara

Saifuddin sebagai Anggota

By fmla

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *