Mon. Jul 22nd, 2024

Dinas Pendidikan Dayah (Disdik Dayah) Banda Aceh telah melaksanakan kegiatan Pelatihan Life Skill Santri dan Guru Dayah sejak tanggal 20-21 Juni 2023 di Hotel Grand Permata Hati, Blang Oi, Kecamatan Meuraxa, Banda Aceh. Kegiatan yang diikuti oleh 50 orang peserta ini mengusung tema: Kreatif dan Inovatif Mewujudkan Kemandirian Ekonomi Dayah.

Kegiatan ini memfokuskan pada bidang tata busana ; “Teknik Cepat Menjahit” dengan menghadirkan Hj. Nurhayani (Cek Nong Kustum) yang  merupakan trainer profesional dibidang tata busana bersertifikasi Kementrian Tenaga Kerja dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Seluruh peserta dibekali teori pola dasar dan menegah serta praktek menjahit.

Diakhir pelatihan, tutor/trainer menilai hasil karya menjahit seluruh peserta untuk diberikan reward berupa buku. Hasilnya sunguh luar biasa, ungkap Cek Nong dan Tim

Sementara Kadisdik Dayah Banda Aceh, Muhammad, S.Sos, MM melalui Kabid SDM dan Manajemen Disdik Dayah Banda Aceh, Muhammad Syarif, SHI,M.H mengatakan berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan tutor/trainer dihari ke-2r memutuskan 10 Peserta terbaik. Adapun nominator peserta terbaik sebagai berikut :

1. Suci Maisara (Dayah Madinatul Fata)

2. Nurul Hidayati (Dayah Madinatul Fata)

3. Zatul Khairi (Dayah Budi Muthmainnah)

4. Siti Wahyuni (Dayah Mishrul Huda Malikussaleh)

5. Nurul Rafiqah (Dayah Babul Jannah)

6. Akramatun Nisa (Dayah Modern Darul Ulum)

7. Safrida (Dayah Baital Atiq)

8. Riza Margustiana (Markaz Al Ishlah Al Aziziyah)

9. Nurul Sa`adah (Dayah Bustanul Huda)

10. Asmaul Husna (Dayah Shirathal Mustaqim Misrul Muarrif Al Aziziyah)

Lebih lanjut Kadisdik Dayah Banda Aceh melalui Kabid SDM dan Manajemen mengatakan nantinya Tim Disdik Dayah Banda Aceh akan melakukan pendampingan dan monitoring pada dayah-dayah yang wakilnya masuk nominator peserta terbaik, sekaligus membangun relasi dengan Kementrian Antar Lembaga serta mitra sukses lainnya, syukur-syukur ada pihak yang bersedia membantu donasi mesin jahit guna penajaman ilmu yang telah dimiliki. Suci Maisarah selaku utusan Dayah Madinatul Fata merasa senang dan bersyukur atas Ilmu yang didapatkan dalam dua hari ini. Ilmu ini sangat dirasakan mamfaat bagi santriwati, hal ini juga diamini Safrida utusan Dayah Baital Atiq. Lebih lanjut Safrida berharap agar pelatihan Menjahit ini perlu dijadikan agenda tahunan Disdik Dayah Banda Aceh kedepan (red).

By fmla

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *