Thu. Feb 22nd, 2024

Banda Aceh-Dinas Pendidikan Dayah (Disdik Dayah) Kota Banda Aceh akan menyelenggarakan Pelatihan Life Skil bagi santri dan guru dayah, dilaksanakan di Hotel Grand Permata Hati, Blang Oi Kecamatan Meuraxa pada tanggal 20-21 Juni 2023. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Staf Ahli Walikota Banda Aceh, Tgk. Alizar Usman, S.Ag, M.Hum, ungkap Muhammad, S.Sos,MM, Kadisdik Dayah Kota Banda Aceh.

Kegiatan diikuti 50 orang peserta dengan menghadirka Trainer profesional, Hj Nurhayani, Pimpinan Ceknong Kustum. Trainer bersertifikasi Nasional dari Kementrian Tenaga Kerja RI dan Kemendikbud RI sengaja dihadirkan dalam rangka melatih cara cepat menjahit bagi santri dan guru dayah, ungkap Kadisdik Dayah Kota Banda Aceh.

Kegiatan ini dinilai strategis, dalam rangka mewujudkan kemandirian ekonomi dayah Tahun 2023. Lebih lanjut Muhammad mengatakan bahwa santri dan guru dayah perlu diberikan Ilmu Menjahit, agar punya ketrampilan khusus, sehingga bisa membuka usaha lapangan dan bagian dari ikhtiar dalam menopang ekonomi bagi santri dan guru dayah. Santri dan guru Dayah bukan hanya semata-mata mendalami ilmu agama, akan tetapi juga ilmu lainnya yang dirasakan bermamfaat langsung termasuk didalamnya Ilmu menjahit.

Lebih lanjut Muhammad mengatakan, Tahun 2023 Disdik Dayah Kota Banda Aceh punya perhatian khusus dalam pemberdayaan ekonomi dayah. Karna itu berbagai pelatihan yang mendorong terwujudnya kemandirian ekonomi menjadi penting untuk dilaksanakan seperti pelatihan UMKM Dayah, Pelatihan Life Skill serta berbagai pelatihan sesuai perkembangan zaman

Sementara Walikota Banda Aceh yang dalam hal ini diwakili Staf Ahli Walikota, Bapak Alizar Usman, mengatakan :” di Provinsi Aceh bahkan termasuk Indonesia sudah banyak seekali profil tentang bagaimana seorang santri dayah yang bahkan belum lulus kuliah  sudah berhasil menjadi pengusaha sukses. Ini  karna santri dan guru dayah mampu membaca peluang yang ada, khususnya dalam menbuka usaha. Karna itu saya menilai pelatihan yang dilaksanakan oleh Disdik Dayah Banda Aceh merupakan peluang bagi santri dan guru dayah untuk menjadi entrerprener. Sehingga kegiatan seperti ini perlu dilakukan secara berkesinambungan, saat memberikan sambutan tertulis Walikota Banda Aceh pada saat acara pembukaan Pelatihan Life Skill. Turur hadir Kepala OPD atau yang mewakili pada acara pembukaan yaitu unsur Dinas Syariat Islam, unsur Kakanmenang Kota, unsur Baitalmal Kota serta pejabat strutural dilingkungan Disdik Dayah Kota Banda Aceh. (red)

By fmla

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *