Wed. Feb 28th, 2024

Banda Aceh-Dinas Pendidikan Dayah (Disdik Dayah) Kota Banda Aceh akan menyelenggarakan Pelatihan Life Skil bagi santri dan guru dayah, di Hotel Grand Permata Hati, Blang Oi Kecamatan Meuraxa pada tanggal 20-21 Juni 2023 mendatang, direncanakan akan dibuka langsung oleh Pj Walikota Banda Aceh, Bakri Siddiq, SE, M.Si, ungkap Muhammad, S.Sos,MM, Kadisdik Dayah Kota Banda Aceh.

Kegiatan diikuti 50 orang peserta dengan menghadirka Trainer profesional, Hj Nurhayani, Pimpinan Ceknong Kustum. Srikandi yang bersertifikasi Pelatih Kustum dari Kementrian Tenaga Kerja RI dan Kemendikbud RI sengaja dihadirkan dalam rangka melatih cara cepat menjahit bagi santri dan guru dayah, ungkap Kadisdik Dayah Kota Banda Aceh.

Kegiatan ini dinilai strategis, dalam rangka mewujudkan kemandirian ekonomi dayah Tahun 2023. Lebih lanjut Muhammad mengatakan bahwa santri dan guru dayah perlu diberikan Ilmu Menjahit, agar punya ketrampilan khusus, sehingga bisa membuka usaha lapangan kerja dan juga bagian dari ikhtiar dalam menopang ekonomi bagi santri dan guru dayah. Santri dan guru Dayah bukan hanya semata-mata mendalami ilmu agama, akan tetapi juga ilmu lainnya yang dirasakan mamfaat langsung termasuk didalamnya Ilmu menjahit yang kini mendapat atensi khusus santri dan guru dayah di Kota Banda Aceh. Beberapa dayah telah memberikan perhatian khusus bagi usaha menjahit seperti Dayah Darul Fikri Al Waliyah, Dayah Baital Atiq dan Dayah Darul Mufadzal Al Aziziyah.

Sementara Kabid SDM dan Manajemen, Muhammad Syarif, SHI,M.H mengatakan peserta pelatihan ini didominasi oleh santriwati atawa ustazah. Sebelumnya Disdik Dayah Banda Aceh telah sukses melaksanakan Pelatihan UMKM Dayah yang didominasi santri dan guru dayah laki-laki. Pelatihan Life Skil, menghadirkan tutor kustum bersertifikat nasional yang berasal dari LKP Cek Nong Kustum Kuta Alam diharapkan nantinya pasca pelatihan santri dan guru dayah memiliki ilmu baru dan ketrampilan dalam bidang menjahit. (Red)

By fmla

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *