Wed. Jul 24th, 2024

Dinas Pendidikan Dayah (Disdik Dayah) Kota Banda Aceh melakukan survei legalitas balai pengajian dan Taman Pendidikan Al-Qur`an (TPA) di sejumlah Gampong dalam Wilayah Kecamatan Jaya Baru, Selasa, 30 Juni 2023

Kepala Disdik Dayah Kota Banda Aceh Bapak Muhammad, S.Sos, M.M melalui Kabid SDM dan Manajemen Disdik Dayah, Muhammad Syarif SHI, M.H mengatakan di Tahun 2023 ada kecendrungan peningkatan usulan legalitas kelembagaan Balai Pengajian dan TPA di Banda Aceh. Kondisi ini ditandai dengan semakin meningkatnya permohonan legalitas Balai Pengajian dan TPA dalam mengurus Izin Operasional/Surat Keterangan Terdaftar (SKT)

Karna itu untuk validitas data, kami turun langsung kelokasi dengan melakukan verifikasi faktual, ungkap Syarif, yang didampingi Kasi Manajemen Saiful Bahri, S.Ag. Lebih lanjut syarif mengatakan dalam rangka penguatan kelembagaan dan tata kelola lembaga Pendidikan Agama Islam (Dayah, Balai Pengajian, TPA dan Majelis Taklim) di wilayah Banda Aceh, Disdik Dayah Kota Banda Aceh akan memberikan kemudahan dalam proses legalitas lembaga dan gratis.

Ketentuannya, adanya rekomendasi dari camat dan domisili dari Keuchik serta terpenuhinya syarat administratif lainnya sebagaimana diatur dalam Perwal Nomor 9 Tahun 2019 tentang Standarisasi TPA dan Balai Pengajian ungkapnya.

Kata Syarif, Disdik Dayah dalam sehari bisa langsung mengeluarkan izin operasional Balai Pengajian  dan TPA jika hasil verifikasi faktual terpenuhi. ‚ÄúData Balai Pengajian  dan TPA yang telah diverifikasi dapat diakses di portal Disdik Dayah Banda Aceh.

Legalitas kelembagaan penting bagi sebuah institusi pendidikan agar terciptanya standarisasi lembaga pendidikan keagamaan Islam sehingga bisa disinergikan dalam data base sistem informasi lembaga pendidikan agama Islam.

Dijelaskannya, dengan memiliki legalitas dan memiliki standarisasi maka akan mudah dilakukan pembinaan oleh Disdik Dayah dan salah satu syarat dalam pemberian insentif bagi guru TPA dan Balai Pengajian yang bersumber dari dana Zakat yang tiap tahunnya dibantu Baitalmal Kota Banda Aceh (red)

By fmla

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *