Wed. Feb 28th, 2024

Banda Aceh – Pj Wali Kota Banda Aceh Amiruddin mengikuti kegiatan Pekan Pancasila 2023 di Aula Lantai IV, Gedung Mawardy Nurdin pada Kamis, 10 Agustus 2023.

Kegiatan digelar oleh Ster TNI dalam rangka meningkatkan dan menguatkan dasar-dasar Pancasila kepada seluruh komponen bangsa di daerah. Peserta yang hadir meliputi para personil TNI dan berbagai lapisan elemen masyarakat.

Turut hadir Paban III Tahwil Ster TNI Kol Inf Jacky Ariestianto, Wakil Ketua DPRK Banda Aceh Usman, Dandim 0101/KBA Kolonel Inf Andy Bagus, Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Fahmi Irwan Ramli, Kaban Kesbangpol Banda Aceh Heru Triwijinarko, dan jajaran lainnya.

Dalam sambutannya, Amiruddin mengatakan, Pemko menyambut baik kegiatan tersebut. Menurutnya, di masa reformasi saat ini dengan kebebasan yang terbuka luas, pengamalan Pancasila di masyarakat masih banyak yang belum sesuai, bahkan ada yang menyimpang dengan nilai-nilai Pancasila.

Ia melanjutkan, Pekan Pancasila ini bisa menggugah kembali kesadaran bersama, akan betapa pentingnya peranan Pancasila. Menurutnya, nilai-nilai Pancasila saat ini masih sangat relevan dan sesuai dengan perkembangan zaman terkini.

“Atas dasar tersebut, maka apa yang dilaksanakan oleh Kodim 0101/KBA pada hari ini, saya harapkan menjadi awal mula dari perubahan. Pekan Pancasila harus dimanfaatkan sebaik mungkin bagi setiap orang untuk mengembangkan Pancasila sebagai landasan hidup serta pola pikir, dan jangan sampai nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila hanya dijadikan hafalan dalam pelajaran sekolah saja,” ujarnya.

Amiruddin juga mengajak seluruh peserta agar menjadikan Pekan Pancasila ini sebagai ajang untuk memperkuat ikatan persaudaraan dan kerjasama di tengah-tengah masyarakat yang beragam. Lanjutnya, dengan mengedepankan semangat gotong royong dan toleransi, kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa yang bersatu, adil, dan sejahtera.

“Saya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk aktif berpartisipasi dalam setiap kegiatan Pekan Pancasila ini. Mari kita renungkan kembali makna dari setiap sila Pancasila, dan mari kita perkuat tekad kita untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan nilai-nilai luhur Pancasila,” ucap pj wali kota.

Amiruddin menyampaikan, saat ini Banda Aceh memiliki gampong Tangguh Pancasila, yang terletak di gampong Peunayong.

Ia mengungkapkan, keberadaan Tugu Pancasila di Gampong Peunayong, juga menggambarkan secara langsung situasi dan kondisi di gampong ini. Di mana gampong Peunayong pernah dinobatkan sebagai gampong sadar kerukunan oleh Kementerian Agama RI pada tahun 2021.

“Penduduk gampong Peunayong sampai saat ini berjumlah 2.278 jiwa, dimana mayoritas masyarakatnya penganut Agama Budha. Tingkat toleransi di Peunayong cukup baik, masyarakat merasa cukup aman dan nyaman bermukim disini,” ungkapnya.

Pj Walikota menilai, Gampong Peunayong ini menjadi miniatur bangsa indonesia saat ini, dengan masyarakat yang majemuk, akan tetapi selalu menjaga kerukunan dan kedamaian.

“Alhamdulillah, potensi kemajemukan tersebut, selama ini telah dapat dijaga dan dirawat oleh seluruh lapisan masyarakat, dengan hidup saling berdampingan, rukun dan damai tanpa adanya gejolak serta benturan. Dan ini sudah berlangsung dari zaman ke zaman,” katanya. (Red)

By fmla

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *