Fri. Jun 14th, 2024

Banda Aceh – Pemerintah Kota Banda Aceh kembali dinobatkan sebagai Kota Layak Anak (KLA) Kategori Nindya. Penghargaan diserahkan pada malam apresiasi KLA 2023 di Semarang, Sabtu (22/7/2023) malam.

Mewakili Pj Wali Kota Banda Aceh Amiruddin, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Cut Azharida, menerima langsung penghargaan dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga.

Sebagai informasi, penganugerahan penghargaan KLA kategori nindya merupakan kedua kalinya bagi Ibu Kota Provinsi Aceh setelah tahun lalu juga meraih penghargaan yang sama pada kategori yang sama pula.

“Alhamdulillah, ini penghargaan untuk warga kota Banda Aceh. Ini menjadi semangat dan motivasi sekaligus beban tanggung jawab bagi kita untuk terus meningkatkan pelayanan, infrastruktur, dan program-program yang dapat memberikan kenyaman serta perlindungan bagi anak-anak kita,” ujar Cut usai acara.

Menurutnya, penghargaan tersebut bisa diraih berkat kerja sama dan dukungan lintas OPD. “Kota Banda Aceh merupakan satu-satu daerah dari 23 kabupaten/kota di provinsi Aceh yang mendapat penghargaan KLA dari Kemen PPPA kategori Nindya,” ujarnya seraya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak tekait.

Ungkapkan syukur turut disampaikan oleh Pj Wali Kota Banda Aceh Amiruddin. “Semoga ini menjadi semangat dan motivasi bagi kami untuk terus meningkatkan pelayanan di bidang perlindungan anak. Dan mudah-mudahan, tahun depan, Banda Aceh mampu meraih penghargaan yang lebih tinggi.”

Ia juga menegaskan, kota layak anak merupakan program prioritas Pemko Banda Aceh dalam rangka melahirkan generasi yang tangguh. “Program ini merupakan program unggulan yang terus kita dorong untuk mewujudkan generasi muda yang tangguh. Dalam setiap pembangunan pun harus mengikutsertakan beberapa aspek yang ramah bagi anak,” ujarnya.

Adapun hak-hak anak sendiri terdiri dari hak atas lingkungan, keluarga dan pengasuhan alternatif, kesehatan dasar dan kesejahteraan, pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya, serta perlindungan khusus anak.

“Alhamdulillah Kota Banda Aceh mendapat penghargaan Kota Layak Anak 2023 kategori Nindya. Terima kasih atas dukungan semua OPD sehingga kita bisa kembali mendapatkan penghargaan bergengsi ini dari kementerian PPA,” ujar Amiruddin.

By fmla

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *