Wed. Feb 28th, 2024

Banda Aceh- Sebanyak 50 orang santri dan guru dayah di Banda Aceh dilatih UMKM. Pelatihan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Dayah dilaksanakan dalam rangka mewujudkan kemandirian ekonomi dayah, ungkap Kepala Dinas Pendidikan Dayah (Disdik Dayah) Kota Banda Aceh, Muhammad S,Sos MM saat menyampaikan sambutan Bapak Pj Walikota Banda Aceh pada acara pembukaan Pelatihan UMKM yang berlangsung  Selasa, 23 Mai 2023 di Hotel Grand Permata Hati.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari (23-24 Mai 2023) menghadirkan tiga narasumber yang profesional di bidangnya yaitu;  Ir. Saiful Bahri, MP membahas tentang menggagas Koperasi Dayah, Bahlia, SE, M.Si (Kabid UMKM pada Disperindagkop UMKM  Kota Banda Aceh) mengulas tentang Kebijakan Pemerintah Kota dalam pembinaan UMKM serta Mulyakhan (Pelaku Usaha/Praktisi) menyampaikan materi tentang Prospek Ekonomi Kreatif Dayah.

Dalam sambutannya Pj Walikota Banda Aceh melalui Kadisdik Dayah Banda Aceh mengatakan:” Era Revolusi Industri 4.0 ditandai dengan munculnya pembaharuan disegala bidang kehidupan dengan teknologi sebagai penggerak utamanya dan tak terkecuali dibidang UMKM. Saat ini pertumbuhan UMKM di Kota Banda Aceh cendrung meningkat baik yang bersifat go online maupun offline. UMKM menyimpan potensi ekonomi yang sangat besar jumlahnya, termasuk potensi pertumbuhan UMKM Dayah. Tentunya apa yang dilakukan oleh Disdik Dayah Banda Aceh adalah langkah maju dan progresif.

Sementara Muhammad Syarif, SHI,M.H Kabid SDM dan Manajemen sebagai PPTK kegiatan ini, berharap agar seluruh peserta mengikuti kegiatan  pelatihan UMKM Dayah dengan serius, karna ketiga narasumber yang dihadirkan sangat kompeten dibidangnya. Kegiatan ini bersumber dari dana Otsus 2023 dan nantinya pasca kegiatan ini selesai akan dilanjutkan dengan Pelatihan Life Skill bagi santri dan guru dayah.

Mimpi besar kita adalah mendorong terwujudnya unit usaha dayah. Yang nantinya menjadi pemantik terwujudnya kemandirian ekonomi dayah. Turut hadir pada kegiatan pembukaan Drs. Sofyan Sulaiman (Pengurus MPD Kota Banda Aceh), unsur pejabat dilingkup Pemko Banda Aceh serta perwakilan pimpinan dayah di Kota Banda Aceh. (Red)

By fmla

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *