Fri. Jun 14th, 2024

Banda Aceh-Dinas Pendidikan Dayah (Disdik Dayah) Kota Banda Aceh akan menyelenggarakan Pelatihan UMKM Dayah bagi santri dan guru dayah, dilaksanakan di Hotel Grand Permata Hati, Blang Oi Kecamatan Meuraxa pada tanggal 23-24 Mai 2022 mendatang, direncanakan akan dibuka langsung oleh Pj Walikota Banda Aceh, Bakri Siddiq, SE, M.Si

Kegiatan yang mengambil tema “Mewujudkan Kemandirian Ekonomi Dayah,   menghadirkan tiga narasumber yang profesional dibidangnya, baik yang berasal dari pelaku UMKM, praktisi/ birokrasi yang memiliki kompetensi teknis di bidang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

Kepala Disdik Dayah Kota Banda Aceh Muhammad, S.Sos, MM mengatakan kegiatan ini dinilai strategis, dalam rangka mewujudkna kemandirian ekonomi dayah Tahun 2023. Lebih lanjut Muhammad mengatakan bahwa santri dan guru dayah perlu diberikan pemahaman terhadap urgensi materi UMKM Dayah, sehingga dayah mampu mengembangkan prospek ekomomi bisnis dilingkup dayah yang ada di Banda Aceh.

Sementara Kabid SDM dan Manajemen, Muhammad Syarif, SHI,M.H mengatakan peserta pelatihan ini diikuti oleh 50 orang yang berasal dari santri dan guru dayah di lingkungan Pemerintah Kota Banda Aceh. Sebagaimana dipahami salah satu kondisi ril yang dialami saat ini, banyak dayah yang ada kurang mandri dalam perwujudan ekonomi. Justru itu dengan pelatihan ini, diharapkan punya kepahaman pentingnya mendorong terwujudnya unit usaha dayah. Ini hanya langkah awal dalam memotivasi guru dayah untuk melakukan lompatan dan inovasi dalam mewujudkan potensi peluang usaha di dayah. Setelah pelatihan ini akan dilanjutkan dengan pelatihan Life Skill bagi Santri dan Guru Dayah.  (Red)

By fmla

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *