Wed. Feb 28th, 2024

Oleh Bung Syarif*

Bung Wahyu Saputa, pemuda kelahiran Sigli 5 Januari 1981  adalah sosok pemuda energik dan pemurah. Alumni Magister Manajemen USK, dipercayakan sebagai Ketua DPD KNPI Aceh Periode-2017-2020. Kiprahnya dalam bidang Organisasi Kepemudaan tidak diragukan, Memulai karir organisasi di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Wahyu Saputra menjelma sebagai seorang organisatoris yang sangat perfeksionis ketika melanjutkan karier di berbagai organisasi lainnya.

Tercatat, Wahyu Saputra pernah menjabat sebagai Ketua Lembaga Dakwah Mahasiswa Islam (LDMI) periode 2002-2004, Bendahara Umum BADKO HMI Aceh periode 2004-2006, Ketua Umum Fokusgampi Banda Aceh (2006-2008), Fungsionaris HIPMI periode 2005-2007, Pengurus KADIN Aceh periode 2015-2020, Sekretaris GM Kosgoro Aceh periode 2017-2022, dan Pengurus Daerah (Pengda) Tarung Derajat Aceh.

Kepiawaiannya dalam merekatkan kebhinekaan Pemuda Bansigoem Aceh, patut diacungkan jempol. Sosok Kader HMI sekaligus Pengusaha Muda sukses ini berkomitmen membawah perubahan fundamental KNPI Aceh selama kepemimpinannya, berbagai aktivitas Kepemudaan telah ditunaikan sesuai komitmen Politiknya pada saat bedah Visi-Misi. Diantara mimpinya pada saat bedah visi-misi antara lain:

1.    Sosialisasi dan Pemantapan Empat Pilar Kebangsaan;

2.    Pelatihan wirausaha dan life skill;

3.    Pelatihan dan penguatan pemberantasan narkoba di seluruh Aceh dengan melibatkan pemuda desa;

4.    Penguatan basis keagamaan dengan program pelatihan syariat islam dan umrah 200 pemuda setiap tahun ke arab Saudi;

5.  Penguatan internal KNPI dengan mengikuti berbagai kegiatan aduhai kepemudaan

6.  Pembinaan DPD Kabupaten Kota dan OKP yang berhimpun dibawah KNPI;

7.  Pelaksanaan Kongres Pumuda Indonesia di Aceh.

8. Melakukan renovasi kantor DPD KNPI Aceh

9. Melakukan Program diskusi aktual seputar probelm bangsa dan isu-isu aktual tentang pemerintahan Aceh, termasuk diskusi tentang Migas Aceh.

Tentu tidak semua visi-misinya berjalan  mulus, setidaknya ada satu yang terkendala yaitu Kongres Pemuda di Aceh, ini semua akibat kekisruan Politik elit Pemuda Nusantara di Jakarta, Wahyu Saputra tidak prustasi, walau puluan juta mungkin juga ratusan juta uang pribadinya ludes (baca hana pat tarek) guna memastikan Kongres Pemuda berjalan di Aceh, sang pengusaha muda ini tidak jatuh semangat. Patah tumbuh hilang berganti, habeh-be habeh hansep tuleh. Haha, tat nateuh.

Wahyu Saputra layak dinobatkan Tokoh Pemuda Aceh. Beberapa program aduhai telah dijalankannya selama memimpin KNPI Aceh Periode 2017-2020, sebut saja program yang luar biasa adalah “umrah bareng minimalis bersama Pemuda Aceh”. Biaya murah, umrah pun sukses. Dalam konteks diskusi tematik, Bung Wahyu berhasil membuka cakrawala soal pengelolaan Migas Aceh, yang akhirnya Aceh berhak mengelola Migasnya secara mandiri.

Diskusi maraton ia dendangkan baik di markaz besar DPD KNPI Aceh maupun di Warkop. Disamping itu juga program pemberdayaan ekonomi Pemuda, Life Skill dengan berbagai ragam pelatihan. Safari Pemuda, Ziarah Makam Tokoh Pemuda, KNPI Aceh Peduli Covid-19. Pemberian bantuan sembako dimasa pandemi covid-19, pemberian ribuan masker hingga Alat Pelindung Kesehatan selama pandemi corona melanda Aceh, Bung Wahyu Saputra berada pada garda terdepan dalam meringankan beban Pemerintah Aceh. Diakhir kepempimpinannya, Bung Wahyu ingin meninggalkan legecy kepemimpinan. Renovasi Kantor DPD KNPI Aceh, bagian dari iktiarnya membuat kenyamanan bagi pemuda dalam berdialektika.

Tentu tidak ada insan yang sempurna. Tapi saya mencatat Bung Wahyu telah mengikuti jejak seniornya sebut saja “Syahrul Badruddin dan Jamaluddin” dua senior Ketua KNPI Aceh yang telah melahirkan legecy yang baik. Krue semangat MUSDA XIV DPD Aceh akan digelar di Aceh Tamiang 2-5 Desember 2022. Semoga tradisi yang baik dimasa kepemimpinan Bung Wahyu dilanjutkan oleh Ketua Terpilih KNPI Aceh dimasa yang akan datang. Takbir,  

*Penulis adalah Pengurus DPD KNPI Aceh, Mantan Sekjen DPP ISKADA Aceh, Dosen Legal Drafting FSH UIN Ar-Raniry, Mantan Aktivis`98

By fmla

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *