Wed. Feb 28th, 2024

Oleh Bung Syarif*

Sosok Pemuda kelahiran Langkat 2 Januari 1998 bernama Tgk. Ali Ramadhan. Guru Dayah Terpadu Inshafuddin (DTI) merupakan insan Babalan, Langkat, Sumatera Utara. Mengenyam Pendidikan Pada Pesantren Langitan, Widang Tuban Jawa Timur (2012-2018). Sosok pemuda sarungan (kiyai muda) DTI merupakan Alumni Dayah Salafiyah (Tradisional) Langitan, Jawa Timur.

Semasa mondok di Langitan Tgk Ali dinilai aktif diberbagai organisasi sebut saja Ketua Harian Pustakawan Langitan (2017-2018), Pengurus Ikatan Siswa Madrasah Al Falahiyah Langitan (2017-2018), Pengurus Keluarga Santri dan Alumni Langitan (2018), Sekretaris Forum Kajian Jurnalistik dan Sastra Langitan (2017-2018)

Tgk Ali juga merupakan santri berprestasi saat mondok di Langitan, sebut saja Juara II MQK Ponpes Langitan Kitab Khulasah Nurul Yaqin Tahun 2013, Juara II MQK Ponpes Langitan Kitab Fathun Qarib Tahun 2016, Juara II Karya Tulis “Class Meeting” Ponpes Langitan Tahun 2018. Tgk Ali juga aktiv sebagai pengurus Pustakawan Langitan (2017-2018) Krua TV Langitan (2016-2017), Kru Majalah Dinding Romansa (2015-2016).

Tgk Ali akhirnya melanjutkan studinya ke Ribath Imam Al Muhajir, Husaisah Seiwun, Hadhromaut, Yaman (2018-2020). Selama di Yaman Tgk Ali Ramadhan terus mengasah kemampuan bahasa Arabnya. Yang pada akhirnya ia terlibat aktif sebagai penterjemah Syech Yaman dan ulama timur tengah dalam melakukan giat keagamaan di berbagai Masjid di Aceh, Negeri yang berjulukan serambi mekkah.

Kini Tgk Ali resmi bergabung di Dayah Terpadu Inshafuddin kurang lebih 6 bulan dan sangat aktif sebagai penerjemah ulama timur tengah yang melakukan safari dakwahnya ke berbagai Masjid di Aceh. Berdasarkan informasi yang kami terima kurang lebih 20 kali mendampingi ulama dunia yang bersafari dakwah ke Aceh disejumlah Masjid yang di dominasi ulama berasal dari Yaman, beliau penterjemah utamanya. Yang sangat berkesan baginya saat menjadi penterjemah 3 ulama besar Yaman yaitu; Habib Basyir Bin Sholeh bin Abu Bakar al Hamid, Dr Al Habib Muhammad bin Husein bin Syeikh Abu Bakar bin Salim serta Syekh Sholeh bin Muhammad al Faqir Al –Umari. Minggu 10 September 2023 kami ngobrol santai seputar mimpi dan cita-cita masa depannya. Ia masih malu-malu, ada harapan kelak ia akan pulang kampung setelah mapan dalam makna yang lebih luas. Saya bilang. Tgk Ali punya bakat menjadi Syech Yaman, karna itu perdalam Ilmu Agama, Alhamdulilah beliau sedang mengurus beasiswa guna memperdalam Ilmu Agama di salah satu Perguruan Tinggi di nusantara. Ini rahmad Allah yang patut disyukuri, mungkin berkah membersamai para Aulia Allah, Syech Yaman, Dan belajarnya adalah online. Jadi masih tetap bisa mengabdi di Dayah Terpadu Inshafuddin. Sukses terus Tgk Ali. Takbir

*Penulis adalah Ketua Komite Dayah Terpadu Inshafuddin, Kabid SDM dan Manajemen Disdik Dayah Kota Banda Aceh

By fmla

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *