Wed. Feb 28th, 2024

Banda Aceh-Perayaan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 merupakan momentum yang sangat sakral, sekaligus hari yang membahagiakan bagi bangsa Indonesia.

Perayaan itu tak hanya dimeriahkan oleh para siswa dan masyarakat di perdesaan, namun juga bagi para santri yang mengenyam pendidikan di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ).

Seperti halnya TPQ Fathun Qarib UIN Ar-Raniry yang ikut menyemarakkan kemerdekaan RI dengan menyelenggarakan aneka perlombaan bagi santriwan dan satriwati.

Direktur TPQ Fathun Qarib, Umi Mauliza mengatakan kegiatan itu diselenggarakan untuk menumbuhkan jiwa patriotisme bagi santri. Apalagi rangkaian perlombaan dilakukan secara bersama-sama sehingga dapat melatih kekompakan dan kerjasama santri dalam menyelesaikan tugas.

“Tak hanya itu, ini dapat menjadi ajang hiburan bagi para santri,” katanya, Jumat (18/8/2023). Adapun perlombaan yang diikutsertakan meliputi tarik tambang, pancing botol, estafet sarung, tebak gambar, memindahkan kardus, memasukkan air dalam botol dan give away.

Kegiatan ini, katanya, melibatkan seluruh santri TPQ Fathun Qarib yang terdiri dari 10 Kelas meliputi TKA-A Ar-Rahman, TKA-A Ar-Rahim, TKA-B Al-Malik, TPA As-Salam, TPA Al-Hafidz, TPA Al-Jabbar, TPA-B Al-Awwal, TPA-BL Al-‘Ala, TPA-C Al-Quddus dan TQA Al-Fath. Umi Mauliza berharap dengan adanya kegiatan seperti ini para santri kembali fresh dan hilang rasa jenuhnya ketika ke TPQ sekaligus juga sebagai hiburan disela-sela proses belajar mengajar.

“Anak-anak ini kan sekolah, pulangnya ngaji. Dengan adanya lomba-lomba seperti ini akan menjadi hiburan tersendiri bagi mereka dan membuat mereka semangat lagi dalam mengaji,” ujarnya. (Red)

By fmla

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *