Mon. Jul 22nd, 2024

Banda Aceh, Senin (31/07/2023) – Dayah Terpadu Inshafuddin (DTI) laksanakan Milad dan Tasyakkur santri Akhir ke-25, ini dalam rangka Wisuda bagi santriwan dan santriwati dayah yang telah melalui proses belajar dan mengajar baik pada tingkatan SMA maupun SMP dimana dalam acara serta dirangkai dengan pemberian beasiswa bagi santri yang lulus ke Turki dan Malaysia, serta wisuda Hafidz/Hafidzah dan pemberian reward bagi santri prestasi, ungkap Wakil Pimpinan DTI, Tgk. Nasrul Zahidy, S.Sos.I

Pimpinan Dayah Inshafuddin Banda Aceh Abi Daud Hasbi, M.Ag melalui Tgk Nasrul Zahidy, mengatakan selama ini DTI menggalakkan kegiatan menghafal Al-Quran sebagai bagian dari Mencetak kader Tahfiz seluruh Indonesia dan Menciptakan Generasi Aceh yang Qur’ani. Para Hafiz dan Hafizah ini nantinya akan menjadi penjaga Al-Quran dan kita harapkan mereka dapat selalu mengulang kaji sehingga hafalan ini tidak akan hilang sampai kapanpun, jelas Tgk Nasrul.

Nasrul berharap kepada santriwan dan santriwati untuk terus melakukan proses belajar dan mengajar di berbagai tingkatan selanjutnya. Baik itu jenjang S1, S2 maupun jenjang S3 baik dalam negeri maupun luar negeri. Kalian para santriwan/wati harus sukses, raih pendidikan setinggi-tingginya, buktikan Alumni Santri DTI itu mampu, ujar Tgk. Nasrul.

Sementara itu, Pj Walikota Banda Aceh yang diwakili Staf Ahli Walikota Banda Aceh, Tgk. Alizar Usman, S.Ag, M.Hum merasa bangga bisa membersamai keluarga besar DTI, tentunya Pemerintah Kota Banda Aceh akan memikirkan kemajuan dayah ke depan.

“Dayah ini milik ulama Aceh. Dayah Inshafuddin merupakan dayah yang ter akreditasi A dari Badan Akreditasi Dayah Aceh. Lulusan DTI tidak diragukan kemampuan kitab kuning serta keterampilan menguasai bahasa Arab dan bahasa Inggris.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Zahrol Fajri S.Ag MH menyampaikan menyampaikan ucapan selamat dan apresiasi kepada wisudawan, wali santri, dan civitas akademika Dayah Terpadu Inshafuddin yang telah mewujudkan generasi muda yang cerdas, terampil, berakhlak mulia yang nantinya bermamfaat bagi masyarakat.

Dalam kata sambutannya menyampaikan rasa gembira dan berbangga hati melihat beberapa penampilan dari para santri Dayah Inshafuddin baik itu Pidato berbagai Bahasa, Kolosal Drama dan Kreativitas Santri

Zahrol juga berpesan kepada para santri agar terus belajar dan belajar, Karena dengan belajar kalian akan bisa dan mampu disertai dengan ketrampilan yang ada maka nanti kalian akan sukses di berbagai bidang yang akan kalian geluti nantinya.

Terakhir Zahrol berharap agar para Santri yang telah diwisuda jangan pernah melupakan Dayah tempat mereka menuntut ilmu. Kalian harus menjadi simbol santri, harus menjadi kebanggaan dayah. Jaga nama baik dayah dengan bersikap sesuai dengan tuntunan agama Islam, harap Zahrol.

Hadir pada kegiatan ini Ketua Dewan Pembina DTI, Prof. Dr. Tgk. H. Azman Ismail, MA, Ketua Yayasan Pembina Inshafuddin Drs. Burhanuddin AK, Ketua Komite DTI, Muhammad Syarif, SHI MH, Wakil Ketua Komite DTI, Jufri, S.SP, M.Si, unsur Pejabat Dinas Pendidikan Aceh, unsur OPD Kota Banda Aceh, serta wali santri wisudawan. (red)

By fmla

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *