Wed. Feb 28th, 2024

 

Oleh Bung Syarif*

Kombes Pol Dr. Berdiansyah, SH,M.H resmi menjabat Kepala Bidang Berantas Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Aceh, mantan Wadansat Brimob Polda Aceh adalah sosok perwira tinggi di kesatuaanya yang sangat ramah dan bersahaja. Awal mula kami bersahabat saat ditugasp menjadi Praja Wibawa Kota Banda Aceh 25 Desember 2022.  Pasca kami kembali dimutasi pada institusi awal (Disdik Dayah Kota Banda Aceh), komunikasi dengan Wadansat Brimob Polda Aceh tetap terjalin.

Jumat, 23 Juni 2023 beliau menjaprid kami meminta dukungan atas tugas barunya sebagai Kabid Berantas BNNP Aceh. Tanpa lama langsung kami respon dengan baik, karna ini tugas mulia. Langsung kami koneksikan dengan beberapa lembaga sebut saja DPP IKAN Aceh, Letupan Aceh, PIntu Hijrah dan lembaga lainnya yang bergerak dalam advokasi Anti Narkoba.

Mingu, 25 Juni 2023 Warkop SMEA Premium depan Polda Aceh menjadi saksi dan sejarah, kami berdiskusi banyak dengan sang Kabid Berantas BNNP Aceh yang baru.   Ajudan setia mantan Wadansat Brimob Polda Aceh, juga menyapa kami, memberikan pesan khusus Komandan untuk mendukung kerja-kerja mulia bapak. Ajakan itu kami sambut dengan baik, karna itu adalah tugas dakwah yang mulia.

Kombes Pol Dr. Beridiansyah, SH, M.H sangat cair menyapa para penggiat Anti Narkotika di Aceh. Padahal beliau adalah sosok perwira tinggi. Ramah, energik dan luar biasa, ungkap teman-teman relawan anti narkotika. Tak lama kemudian Grop Whatshapp Simpul Anti Narkotika terbentuk sesuai arahan komandan. Saya menangkap aura positif pasca Kombes Pol Dr. Berdiansyah, SH, MH diberi amanah baru dan mulia. Relasi terus dibangun. Komunikasi dengan stakeholder menjadi pemantik beliau dalam menjalankan tugas mulia.

Kerja-kerja pemberantasan narkotika harus bergerak serentak dan seirama. Melihat semangat beliau dan dukungan Aktivis Anti Narkotika saya menyakini Aceh kedepan akan lebih baik terutama dalam meminimalisir pengguna dan peredaran barang harap.

Kombes Pol Dr. Beridiansyah, SH, M.H. sosok komandan yang religius dan mengikuti sunnah puasa nabi daud.  Sanger dingin dan menu-menu khas SMEA Premium ludes seketika, karna begitu semangat kami mendengar ulasan dan diskusi dan strateginya dalam pemberantasan Narkotika di Aceh. Anak-anak Aceh wajib kita selamatkan dari pengaruh barang haram pintanya. Beliau bilang masih merangkap Jabatan sebagai Wadansat Brimob Polda Aceh. Ia bolak-balek ke Mako Brimob Polda Aceh dan Kantor BNNP Aceh. Alumni Doktoral Ilmu Hukum ini pernah memimpin upacara pemberhentian Personil Tidak dengan Hormat (PTDH). Mengutip pemberitaan Harian Serambi Indonesia, Wakil Komandan Satuan (Wadansat) Brimob Polda Aceh AKBP Dr Beridiansyah SH MH memimpin upacara Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) terhadap seorang personel Polri Aceh akibat melanggar aturan disiplin Polri sebagaimana dirilis Harian Serambi Indonesia, kamis 30 Desember 2021. Sukses terus Komandan, Insya Allah seribu persen

Pemuda Aceh yang tergabung dalam Relawan Anti Narkotika siap mendukung kerja-kerja mulia ini. Ketua DPP IKAN Aceh pun memberikan apresiasi atas giat membangun relasi dengan stakehoder yang selama ini konsern dalam Giat Pemberantasan Narkotika. Ingat Narkotika musuh negara, karnya mari bergandeng tangan untuk memberantasnya.

Pemuda Bumi Kawa (Oku) 22 Maret 1974 ini tercata sebagai Anggota Polri 1 Agustus 1999. Alumni S3 Universitas Jambi (UNJA), memiliki jenjang karir yang sungguh istimewa antara lain, Pama Polda Nusa Tenggara Timur (2000), Pama Sat Brimob Polda NTT (2001), Danton 1 KEI 1 Yon A Sat Brimob Polda NTT (2003), Kanit Protokol Spripin Polda NTT (2003),  Danki B Maumire Sat Brimob NTT (2004), Pasi Lat Satbrimob Polda NTT (2006), Pama Polda Jambi (2007),  Danki 5 Sat Brimob  Polda Jambi (2008), Kasi Pers Satbrimob Polda Jambi (2010), Kasubbaggrenmin Satbrimob Polda Jambi (2011), Wadansat Brimob Polda Aceh (2022) dan Kabid Brantas BNNP Aceh (2023). Beliau sosok yang ramah dan gemar membaca serta berolah raga khususnya olahraga bela diri. Jago menembak dan melempar kampak. Sukses terus. Berteman tanpa sekat dengan perwira tinggi Polda Aceh adalah kebanggan kami.

*Penulis adalah Kabid SDM dan Manajemen Disdik Dayah Banda Aceh, Mantan Aktifis 98, Dosen FSH UIN Ar-Raniry, Penggiat Anti Narkotika, Dirut Aceh Research Institute (ARI), Alumni Lemhannas Pemuda Angkatan I.

 

By fmla

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *