Thu. Feb 22nd, 2024

Oleh Bung Syarif*

AIPTU Eva Kasmita adalah sosok Polisi yang selalu dekat dengan warganya, alumni SMA Meukek Kabupaten Aceh Selatan, dibesarkan dengan penuh kasih sayang oleh seorang Petani Jambo Papeun, Bapak Chalidan. Saat menjabat sebagai Bhabinkamtibmas Desa Ie Mirah Kabupaten Aceh Barat Daya. Polisi Stanbuk (1999-2000) ini gemar membantu warga miskin dan dicintai murid sekolah dasar.

Tradisinya Jak Saweu Sekolah dan Jak Saweu Warga Ie Merah Kecamatan Babahrot, Abdya sekaligus membantu warga miskin, sesuai kemampuan yang ia miliki. Atribut Kepolisian yang ia sandang, justru baginya sebagai amal shaleh dalam pengabdian. Ia juga santri Rateeb Seribe. Semangat pengabdiannya yang tulus membuat ia kini menjadi idola warga Ie Merah.

Selama menjadi Bhabinkamtibmas di Desa Ie Mirah,ia menemukan di daerah tersebut bukan hanya masyarakat yang masih miskin akan tetapi untuk akses jalan menuju ke daerah tersebut masih jauh ketinggalan dengan desa-desa lainnya di Kabupaten Abdya,ungkap AIPTU Eva Kasmita yang juga Alumni SMA Negeri 1 Meukek, Aceh Selatan. Eva Kasmita adalah sosok Polisi Zaman Now yang terus memancarkan kebaikan.

Tahun 2023 Polres Abdya memberikan piagam penghargaan kepada 24 personil Polisi berprestasi. Diketahui penghargaan ini diberikan Pimpinan Polri Locus Abdya atas kinerja yang telah diberikannya, sebagaiman dilansir berbagai media online (orbitgitadayli.com, 15 April 2023), terhadap hasil Penilaian OMBUDSMAN RI atas kinerja Kepolisian se Aceh pada akhirnya menempatkan polres Abdya peringkat 5 dari seluruh Polres jajaran Polda Aceh.

Selaku Alumni SMA Neg.1 Meukek ikut berbangga atas kesuksesan sohibnya di jajaran Polri, khususnya jajaran Polres Abdya. AIPTU Eva  Kasmita kini dipercayakan sebagai Kanit Samapta Polsek Blangpidie Polres Abdya. Ia beserta 6 personil SPKT lainnya mendapat nilai A Pelayanan Publik bidang Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu hasil penilaian OMBUDSMAN RI. Sukses terus kawan, semoga Allah senantiasa meridhai-NYA. Buktikan dijajaran Polri Aceh tidak ada mental Sambo disana.

*Penulis adalah Alumni SMA Neg.1 Meukek, suka berselancar di Medsos. Minum Bandrex dan Minum Kelapa Muda adalah tradisi menjaga Imun agar tetap stamina, Mantan Aktivis`98, Dosen FSH UIN Ar-Raniry, Alumni Lemhannas Pemuda Angkatan I

By fmla

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *