Thu. Feb 22nd, 2024

Banda Aceh – Sebanyak 330 Lembaga Pendidikan Agama Islam (LPI) di Banda Aceh menerima bantuan zakat dari Baitul Mal Kota Banda Aceh, Rabu (28/12/2022). Penyerahan zakat ini dilakukan oleh Anggota Badan Baitul Mal Kota Banda Aceh, Dra Hj Aisyah M Ali MPd di Masjid Jamik Keudah.

Aisyah M Ali menyebutkan, tahun ini  145 TPA dan 185 BP yang kita bantu dengan total 330  TPA dan BP dengan masing-masing mendapatkan uang sebesar Rp 2.500.000 untuk  TPA dan Rp 1.500.0000 untuk Balai Pengajian.

330 LPI diverifikasi oleh Tenaga Profesional Baitul Mal Kota merupakan data yang diterima dari Disdik Dayah Kota Banda Aceh. Data TPA dan Balai Pengajian yang sudah terdaftar pada Disdik Dayah Kota Banda Aceh saja yang  menerima zakat senif fisabilillah ini,” ungkap Aisyah M Ali saat membuka acara tadi.

Menurutnya hal ini yang dilakukan ini adalah bentuk koordinasi antar instansi terkait. Sama seperti halnya pemberian beasiswa maka Baitul Mal Kota Banda Aceh menerima data calon siswa penerima beasiswa dari Dinas Pendidikan maupun Kemenag Kota Banda Aceh.

“Saya berharap lembaga TPA dan Balai Pengajian untuk tahun depan agar segera mendaftarkan lembaga pengajiannya pada Disdik Dayah Banda Aceh.  Karena pekerjaan yang kami lakukan hari ini tentunya tidak lepas dari Lembaga Auditor Negara (Inspektorat/BPK RI) oleh karena itu kami tidak mau ada temuan apapun,” ucap Mantan Kepala Sekolah SMA 10 Fajar Harapan ini.

Sementara itu Dewan Pengawas BMK, Tgk Hafidhi mengucapkan terimakasih kepada semua guru TPA dan Balai Pengajian di Kota Banda Aceh.

“Guree-guree kami sekalian merupakan orang terdepan yang telah membantu kewajiban orang tua dalam mendidik anak. Kami melihat wajah- wajah penuh keikhlasan dan tanpa pamrih. Kami hanya mampu mengucapkan terimakasih,” ujar Tgk Hafidhi.

Ia berharap lebih banyak lagi uang zakat yang dapat dikumpulkan oleh Baitul Mal Kota Banda Aceh sehingga lebih banyak lagi  yang akan menerima zakat senif fisabilillah. Sementara Muhammad S,Sos, MM Kadisdik Dayah Banda Aceh, melalui Kabid SDM dan Manajemen Disdik Dayah Banda Aceh memberikan apresiasi kepada Baital Mal Kota Banda Aceh atas peningkatan jumlah lembaga dimana sebelumnya 150 kini menjadi 330 Lembaga ini sungguh luar biasa. Karna itu Syarif mengajak Guru Dayah, TPQ dan Balai Pengajian agar dalam setiap momentum pengajian mengajak warga Kota Banda Aceh untuk membayar zakat di Baital Mal sehingga lebih banyak lagi dana zakat yang diterima, berdampak pada jumlah lembaga yang mendapat insentif/snif zakat fisabilillah (Red)

By fmla

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *