Thu. Feb 22nd, 2024

Banda Aceh-Pimpinan Dayah Terpadu Inshafuddin Drs. Tgk. H. M. Daud Hasbi, M.Ag atau yang akrab disapa Abi Daud Hasbi, menyambut rombongan Bupati Pasaman Barat Sumatera Barat “Hamsuardi” Senin (12/12/2022) yang bertempat di Kampus Dayah Terpadu Inshafuddin. Kedatangan Bupati Pasaman juga didampingi rombongan Pj. Wali Kota Banda Aceh, Bakri Siddiq,  bersama sejumlah pejabat lainnya serta paraPpimpinan dan pengurus Pesantren se-Pasaman Barat. Bupati Pasaman Barat mengatakan, tujuan pihaknya datang ke Banda Aceh untuk bersilaturahmi sekaligus belajar dalam pentadbiran dayah. Apalagi Aceh memiliki keistimewaan dalam penataan tatakelola dayah yang diurus oleh dinas khusus.

“Kami mendapat kabar bahwa guru-guru kami di Sumatera Barat dulu berlajarnya di Aceh,” ujarnya. Lebih lanjut Bupati Pasaman Barat mengatakan, Aceh suatu daerah yang mulia, Serambi Mekkah. Ketika orang Sumatera Barat ke Aceh, selalu bercerita kepada kami mengenai kondisi terutama bagaimana Aceh menjalankan syariat Islam,” ujarnya dan mengaku sudah lama ingin berkunjung.

Sementara Nasrul Zahidy, S.Sos.I Wakil Pimpinan Dayah mengatakan kehadiran 30 rombongan Bupati Pasaman ke Dayah Terpadu Inshafuddin menjadi atensi khusus dewan guru dan para pimpinan manajemen dayah. mudah-mudahan setelah dilihat kedepan ada santri yang berasal dari padang yang mondok di Dayah ini. Sebagaimana dipahami Dayah Terpadu Inshafuddin (DTI) merupakan Dayah yang selalu mendapat perhatian istimewa putra/putri se-Aceh. Akan tetapi mengingat area dan lokasi yang sempit membuat DTI dibatasi quota santrinya setiap Tahun. Kita tetap menjaga kualitas kelulusan santri. Di Dayah ini bahasa pengantarnya keseharian Arab dan Inggris. Santri didorong dan diwajibkan melakukan komunikasi dengan bahasa Arab dan Inggris. Guru Dayahpun dituntut lebih kreatif dan inovatif dalam pembelajaran bahasa Asing. Khusus bahasa Inggris diampuh oleh guru profesional, lulusan Monash University, Australia dan guru magang bahasa Asing Alumni Pare, Kediri ungkap Tgk, Nasrul Zahidy (Red)

By fmla

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *