Thu. Feb 22nd, 2024

Banda Aceh-Dinas Pendidikan Dayah (Disdik Dayah) Kota Banda Aceh akan menyelenggarakan pelatihan Sistem Informasi Dayah (Sidara) bagi guru dayah yang diadakan di Hotel Grand Permata Hati pada tanggal 16-17 Nopember 2022 mendatang.

Kegiatan yang bertajuk “Mewujudkan Data Base Dayah Terintegrasi” menghadirkan dua narasumber Profesional di bidangnya dari unsur pakar Teknologi Informatika (Yassir Amri, S.Kom) dan Pranata Humas Diskomimfotik Banda Aceh, Mahdi, MM, serta diikuti oleh 50 peserta dari seluruh dayah di wilayah Kota Banda Aceh.

Kepala Disdik Dayah Kota Banda Aceh Muhammad, S.Sos, MM mengatakan kegiatan ini dinilai strategis, guna melatih kompetensi Operator Sidara dalam melakukan update informasi dayah serta memudahkan dalam pemutakhiran data dayah berbasis online.

Muhammad mengatakan tujuan pelaksanaan Pelatihan Sidara adalah meningkatkan kompetensi guru dayah, khususnya Operator Sidara dalam publikasi dan updating data dayah meliputi, data guru, santri, fasilitas pendukung Sapras dayah, kompetensi guru dayah serta data-data lainnya yang dibutuhkan dayah.

Harapan kita nantinya dayah-dayah di Banda Aceh akan tercipta daya ungkit dalam pengelolaan Sistem Informasi Dayah. Disamping itu juga mendorong terwujudnya tata kelola dayah yang maju dan modern. Sementara Muhammad Syarif, SHI,MH Kabid SDM dan Manajemen Disdik Dayah Banda Aceh mengatakan Pelatihan Sidara merupakan pelatihan terakhir di penghujung tahun 2022. Nanti Portal Sidara akan kita kembangkan sesuai kebutuhan masing-masing dayah di Kota Banda Aceh. Sebagaimana di pahami Portal Sidara dirancang sejak Tahun 2017 dan saat ini telah digunakan oleh masing-masing dayah, akan tetapi pasca bergantinya operator Sidara dimasing-masing dayah serta adanya penambahan fitur maka menjadi penting untuk dilatih kembali operator Sidara, ungkap Syarif (AZ)

By fmla

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *