Fri. Jun 14th, 2024

Banda Aceh- Dinas Pendidikan Dayah (Disdik Dayah) Banda Aceh telah melaksanakan kegiatan Pelatihan Rencana Pembelajaran Santri (RPS) sejak tanggal 8-10 Nopember 2022 di Hotel Grand Permata Hati, Blang Oi, Kecamatan Meuraxa, di ikuti 50 orang peserta. Kegiatan yang mengusung tema: Revitalisasi Kurikulum Dayah di Era Milenial ini menghadirkan tiga orang narasumber profesional dibidangnya yaitu Tgk. Hasanuddin, M.Ed. (Direktur Institute Cendikiawan Aceh), Tgk. Murtada, M.Pd (Guru Dayah Darul Ihsan/Praktisi Kurikulum Dayah) dan Tgk. Mustafa Husen, S.Pd.I (DPP ISAD Aceh). Diakhir pelatihan, narasumber memberikan tugas menyusun RPS untuk dinilai dan hasilnya sunguh luar biasa, ungkap Murtada, M.Pd.

Sementara Kadisdik Dayah Banda Aceh, Muhammad, S.Sos, MM melalui Kabid SDM dan Manajemen Disdik Dayah Banda Aceh, Muhammad Syarif, SHI,M.H mengatakan berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan oleh Narasumber yang dituangkan dalam Surat Keputusan Nomor :1/KPTS/narsum/2022, tanggal 10 Nopember 2022 memutuskan 10 Peserta meraih nilai terbaik yaitu:

1. Ummi Mukminatun (Dayah Babun Najah) dengan nilai 91
2. Ustazah Merdu Arika (Dayah Babun Najah) dengan nilai 90,68
3. Ustazah Rahmatul Ulya (Dayah Terpadu Inshafuddin) dengan nilai 90,67
4. Ustad Hadil Qumara Maulidy (Dayah Terpadu Inshafuddin) dengan nilai 90
5. Ustad Mauliza Akbar (Dayah Tahfidz Al-Hanifi) dengan nilai 89,3
6. Tgk. Hasvi Harizi (Dayah Raudhatul Hikmah Al Waliyah) dengan nilai 89
7. Ustazah Ayu Ramadhani (Dayah Tahfidz Al Qur`an Baitussalihin) dengan nilai 87
8. Ustad Eko Sutiawan(Dayah Mini Aceh) dengan nilai 86,67
9. Ustazah Riska Maulidya (Dayah Mabdaul Ulum Al Aziziyah) dengan nilai 86,65

10. Ustazah Indah Maulidya (Dayah Darul Mufadzal Al Aziziyah) dengan nilai 86,64

Kepada para nominator nantinya akan diberikan bonus uang pembinaan sesuai kemampuan daerah, ungkap Muhammad Syarif. Apa yang dilakukan oleh Disdik Dayah Banda Aceh bagian dari ikhtiar dalam mendorong terwujudnya tatakelola dayah yang profesional dan modern dalam menyongsong Implementasi Akreditasi Dayah Tahun 2022 dan persiapan pelaksanaan re akreditiasai dayah Tahun 2023. Sebagai informasi dalam rangka pelaksanaan Akreditasi Dayah Tahun 2022, Disdik Dayah telah melakukan berbagai pelatihan diantaranya; Pelatihan Publik Speaking bagi guru dayah, pelatihan Ilmu Falak bagi santri dan guru dayah, Workshop Akreditasi Dayah, Pelatihan Menulis Ilmiah bagi santri dan guru dayah, Pelatihan Rencana Pembelajaran Santri dan Insya Allah pada tanggal 16-17 Nopember 2022 akan dilaksankan Pelatihan Sistem Informasi Dayah.

Ini semua dilakukan dalam rangka Penguatan Manajemen Tata Kelola Dayah dan Peningkatan Kompetensi Santri dan Guru Dayah yang berkorelasi dengan Peningkatan Akreditasi Dayah kedepan. Dimana dayah-dayah yang Tipe B naik statusnya menjadi Tipe A, sementara Dayah Tipe C naik menjadi Tipe B serta Dayah Non Tipe minimal menjadi Tipe C (Az)

By fmla

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *