Wed. Feb 28th, 2024

Universitas Syiah Kuala berhasil menduduki peringkat sembilan sebagai perguruan tinggi dengan inovasi terbaik di tingkat nasional. Informasi ini berdasarkan dari Scimago Institutions Rankings (SIR) yang merilis daftar kampus terbaik di Indonesia tahun 2022. (Banda Aceh, 13 April 2022).

Adapun peringkat pertama adalah Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Lalu diikuti peringkat terbaik selanjutnya Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Surabaya.

SIR yang merupakan lembaga pemeringkatan dunia tersebut merilis 51 perguruan tinggi terbaik di Indonesia, baik swasta maupun negeri. Dari 51 perguruan tinggi tersebut, USK berhasil berada di peringkat sembilan dengan nilai 431. Sementara jika secara umum, USK berada di peringkat sebelas perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi lembaga pemeringkatan dunia ini.

Karna itu Helmi Musa Kuta, SH Ketua Forum Muda Alumnni Lemhannas Aceh menilai, kinerja civitas akademika Universitas Syiah Kuala (USK) semakin baik. Lebih lanjut Helmi menilai, pencapaian ini merupakan sebuah kebanggaan bagi USK. Sebab pemeringkatan versi Scimago ini sangat memperhitungkan jumlah publikasi ilmiah bereputasi dari institusi yang disitasi oleh dokumen paten pada database www.epo.org.

Selain itu, Scimago juga mengukur persentase publikasi ilmiah yang disitasi oleh dokumen paten terhadap total publikasi ilmiah bereputasi tersebut dalam beberapa bidang ilmu, serta jumlah usulan paten yang diajukan.

Pengukuran inovasi versi Scimago ini cukup objektif karena diukur dari dokumen paten dan sitasinya yang sangat mengandalkan kebaruan,” ungkap Cak Helmi.

By fmla

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *