Fri. Feb 23rd, 2024

Banda Aceh-Dalam rangka implementasi Program Dayah Ramah Anak Terintegrasi (Pro-DAI) di Aceh dengan pendekatan disiplin positif (Dispo), Yayasan Aceh Hijau (YaHijau) bekerjasama dengan UNICEF kembali melakukan pengembangan penerima mamfaat Pro DAI Tahun 2024 di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar.

Direktur Yayasan Aceh Hijau, Syarifah Marlina Al Manzhir, mengatakan, berdasarkan hasil evaluasi Implementasi Pro DAI 2023 disejumlah Dayah Kab/Kota menilai disejumlah dayah di Kab/Kota hasinya cukup mengembirakan. Bahkan ada beberapa dayah progresnya cukup baik, hal ini terungkap saat Evaluasi Program Pro DAI 2023 di 4 Kabupaten/Kota meliputi Kota Banda Aceh, Kabupaten Bireun, Kabupaten Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe, (Selasa.16 Januari 2024)

Kegiatan Evaluasi Program Pro DAI yang berlangsung di Kantor Yayasan Aceh Hijau (YaHijau), Selasa 16 Januari 2024 di hadiri Pejabat dari unsur Kanwil Agama Aceh, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Prov. Aceh dan Kota Banda Aceh, Dinas Pendidikan Dayah Kota Banda Aceh, Dinas Pendidikan Dayah Aceh dan Unsur UNICEF dan Fasilitator YaHijau.

Sementara Muhammad, S.Sos, MM Kadisdik Dayah Kota Banda Aceh melalui Kabid SDM dan Manajemen, Bapak Muhammad Syarif, SHI,M.H memberikan apresiasi yang dalam kepada YaHijau dan UNICEF atas dukungan program yang sangat bermamfaat bagi Santri dan Guru Dayah di Kota Banda Aceh. Alhamdulillah tiga Dayah di Banda Aceh sangat progresif hasilnya yaitu Dayah Terpadu Inshafuddin, Dayah Modern Babun Najah dan Dayah Modern Darul Ulum. Karnanya di Tahun 2024 akan ada penambahan penerima mamfaat Program Pro DAI.

Untuk Tahun 2024 Dinas Pendidikan Dayah Kota Banda Aceh merekomendasi sebanyak 7 Dayah calon penerima mamfaat Program “Pro DAI” yaitu; Dayah Al Fatani Darussalam, Dayah Baital Atiq, Mabdaul Ulum Al Aziziyah, Mini Aceh, Darul Fikri Al Waliyah, Mishrul Huda Malikussaleh serta Dayah Budi Muthmaiinah. Saat ini Tim YaHijau-UNICEF sedang melakukan Survey Verifikasi lapangan pada dayah dimaksud.

Berdasarkan laporan yang diterima disejumlah Dayah yang di Survey oleh Tim UNICEF-YaHijau mendapat respon positif dari Pimpinan Dayah, Sebut saja Dayah Baital Atiq, langsung diterima oleh Abi Yusrizal (Senin, 22 Januari 2024). Tim yang dipimpin langsung Bapak Fikar mendapat respon positif dari pimpinan dan guru dayah di Banda Aceh. Nantinya setelah diverifikasi lapangan diputuskan 3 atau 5 Dayah penerima mamfaat ungkap Fikar. Dayah Baital Atiq dan Mishrul Huda Malikussaleh sangat berharap untuk Tahun 2024 Program Dayah Ramah Anak Terintegrasi (Pro DAI) mendapat prioritas utama hal ini sebagaimana laporan yang kami terima dari kedua Pimpinan Dayah, ungkap Muhammad Syarif, SHI,M.H (red)

By fmla

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *