Fri. Feb 23rd, 2024

Banda Aceh – Pj Wali Kota Banda Aceh Amiruddin membuka secara resmi Festival Lomba Santri se-Gampong Lambaro Skep yang digelar oleh Taman Pendidikan Al Quran (TPQ) Hidayatul Ulum di Lapangan Bola Bukit Sembilan, gampong setempat, Jumat, 1 Desember 2023.

Selama tiga hari, kegiatan ini memperlombakan tilawah, tartil, tahfiz, azan dan iqamat, cerdas cermat, pidato, rangking satu, hingga mewarnai. “Ini juga menjadi ajang pencarian bibit FASI dan MTQ kita ke depan,” ujar Ustaz Edy Iswandy, ketua panitia sekaligus Direktur TPQ Hidayatul Ulum.

Dalam sambutannya, Pj Wali Kota Amiruddin menyampaikan apresiasi kepada panitia pelaksana atas terselenggaranya kegiatan yang menurutnya perlu ditiru oleh desa-desa lain. “Ini adalah salah satu upaya kita dalam menggemakan syiar Islam serta membentuk generasi muda Qurani.”

Ia kemudian menyinggung peran TPQ yang sangat luar biasa dalam menanamkan nilai-nilai Islami dan memberikan pondasi yang kuat bagi anak-anak. “Melalui lembaga ini, kita dapat mencetak generasi muda yang islami, berakhlak, dan berintegritas, untuk membangun kota ke arah yang lebih baik.”

Pj Wali Kota turut mengimbau masyarakat untuk menjaga gampong masing-masing agar terhindar dari perbuatan tercela dan melanggar syariat. “Nanti ‘pageu gampong’ akan kita hidupkan kembali dengan memberi peran besar kepada perangkat gampong. Harapan kita, penegakan syariat Islam dalam berjalan dengan sempurna.”

Tak lupa, Amiruddin mengingatkan perihal pesta demokrasi yang akan dihelat serentak pada 2024 mendatang. “Mari kita jaga perdamaian dan persatuan, jangan sampai masyarakat terbelah. Berbeda pilihan silakan, namun persaudaraan di antara kita adalah hal yang utama,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Pj Wali kota juga mengharapkan doa dan dukungan masyarakat bagi Kafilah MTQ Banda Aceh yang tengah berjuang pada ajang MTQ Aceh di Simeulue. “Hari ini kita berhasil meloloskan 20 finalis di MTQ Aceh. Mohon doa dari bapak-ibu semua agar kafilah kita mampu meraih terbaik. Dalam sejarah ini finalis terbanyak di Tahun 2023, ungkap Amiruddin yang mendapat aplus seluruh tamu undangan, setidaknya Banda Aceh Tahun ini tidak lagi di rangking 9  di Ajang MTQ Tingkat Provinsi Aceh, akan tetapi minimal di urutan 2 dan 3”

Turut hadir pada acara pembukaan Festival Lomba Santri TPQ antara lain; Pembina TPQ Hidayatul Ulum yang juga menjabat Wakil Ketua DPRK Banda Aceh Usman, SE, MSi, Kadisdik Dayah Muhammad S.Sos, MM, Kabid SDM dan Manajemen Disdik Dayah, Muhammad Syarif, SHI,MH, Camat Kuta Alam Ari Januar, S.STP beserta unsur muspika, perangkat gampong setempat serta Pejabat Pemko Banda Aceh lainnya (Red)

By fmla

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *