Thu. Jul 25th, 2024

Oleh Bung Syarif*

Sejarah mencatat perempuan yang akrab disapa Lilis ini, sebagai Kapolsek perempuan pertama di Lhokseumawe – Aceh Utara. Perempuan kelahiran 6 Maret 1979 di Kabupaten Aceh Tenggara tepatnya Desa Rikit Bur Kecamatan Bukit Tusam ini mengawali karirnya dari Bintara Polisi 1999 – 2000 dan baru lulus Sekolah Pembentukan Perwira 2015

Sebelum dilantik sebagai Kapolsek Syamtalira Bayu, Lilis dipercayakan sebagai Kepala Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (Kanit PPA) di Polres Lhokseumawe. Lilis merupakan anak sulung dari empat bersaudara dari pasangan ayah Achmad dan ibu bernama Kamijah.

Dalam karirnya sebagai Kanit PPA Polres Lhokseumawe, Lilis berhasil mengungkap kasus pelecehan seksual terhadap anak yang pelakunya seorang pimpinan dayah dan guru mengaji yang korbannya sebanyak 6 orang serta kasus-kasus lainnya yang bersangkutan dengan anak dan perempuan.

Sebagai unsur pimpinan polisi ditempatnya bertugas, Iptu Lilisma Suryani, selalu berpesan kepada anggotanya supaya harus benar-benar memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat. Serta bekerja dengan tulus ikhlas dan didorong oleh sebuah pengabdian kepada nusa dan bangsa.

Karena bagi Polwan berparas manis ini, tiada kesuksesan anggota polisi apabila tidak didukung masyarakat. Sinergitas aparat penegak hukum dengan masyarakat itu sangat penting. Karena itu, tingkat partisipatif masyarakat harus ditingkatkan.

Salah satunya caranya, menurut srikandai yang selalu tampil mempesona ini, melalui komunikasi yang efektif dengan pendekatan humanis dan mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal serta dapat dapat membawa nama baik Polres Lhokseumawe. Kini mantan Kapolsek Lhoksemawe ini dipercayakan sebagai Kepala Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (Kanit PPA) Polresta Banda Aceh. Jabatan tersebut baru tiga bulan ia pimpin dan berkesempatan membersamai kami di forum Lokakarya Gugus Tugas Kab/Kota Layak Anak Tahun 2023. Rabu, 9 November 2023 yang diikuti 38 peserta yang terdiri dari unsur Polsek Kab/Kota, Unicef, Dinkes Kab/Kota, Dinsos Kab/Kota,LSM, UPTD P2TP2A serta Kementrian Agama Kab/Kota. Bu Lilis tampil kasual di forum tersebut. Sukses terus Bu Kanit, semoga kita senantiasa dalam lindungan Allah.

*Kabid SDM dan Manajemen Disdik Dayah Kota Banda Aceh, Fasilitator Program Dayah Ramah Anak Terintegrasi (Pro DAI) Unicef-YaHijau

By fmla

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *