Fri. Jun 14th, 2024

Oleh Bung Syarif*

Desa merupakan entitas penduduk dalam sebuah komunitas warga kelurahaan/gampong. Desa juga dimaknai sebagai susunan pemerintahan terkecil dan terendah yang berkaitan langsung dengan warga negara. Desa adalah institusi dan identitas masyarakat hukum tertua  yang bersifat asli. Dalam kontek ke-Acehan desa lebih dikenal dengan Gampong.

Pemerintah Pusat melalui  Badan Pusat Statistik sejak Tahun 2022 melakukan program Pembinaan Desa Cantik. Jargon Desa Cantik merupakan Desa Cinta Statistik. Pembinaan statistik sektoral ditingkat desa secara beerkesinambungan dan komprehensif.

Tujuan umum dari program ini adalah untuk meningkatkan literasi, kesadaran dan peran aktif perangkat desa/kelurahan dan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik. Tujuan berikutnya yaitu Standardisasi Pengelolaan Data Statistik untuk menjaga kualitas dan keterbandingan indikator statistik. Selanjutnya adalah optimalisasi penggunaan dan pemanfaatan data statistik sehingga program pembangunan di desa/kelurahan tepat sasaran. Tujuan yang terakhir adalah untuk membentuk agen agen statistik pada level desa/kelurahan.

Program Desa Cantik ini akan dilaksanakan pada tingkat desa dengan beberapa kriteria yang sudah ditentukan. Diantaranya yaitu keberadaan komputer atau internet di kantor desa/kelurahan  serta memiliki Potensi produk unggulan.

Program ini tentunya perlu mendapat dukungan semua pihak terutama Gubernur, Bupati dan Walikota.. Tidak cukup dari BPS sebagai leading sektor dalam pengembangan statistik saja, namun program ini juga perlu mendapat dukungan dari pemerintah mulai dari pemerintah pusat, daerah hingga pemerintah desa serta masyarakat.

Dengan dukungan dari semua pihak diharapkan program ini dapat berjalan sukses dan pada gilirannya dapat memberikan sumbangsih terhadap pembangunan Indonesia. Kini saatnya desa bersolek dengan data dan potensi yang dimiliki sehingga menjadi Desa Cantik nan mempesona.

Desa cantik adalah sebuah program peningkatan kompetensi aparatur desa dalam pengelolaan dan pemanfaatan data sehingga perencanaan pembangunan desa menjadi lebih tepat sasaran.

Saat ini desa bukan lagi sebagai objek pembangunan melainkan sudah menjadi subjek dan ujung tombak dari pembangunan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. Kebijakan pembangunan di desa, dapat lebih tepat sasaran dan lebih bermanfaat bagi masyarakat dengan berlandaskan data yang lengkap dan akurat.

Oleh karena itu, merujuk pada Perpres Nomor 59 Tahun 2017 maka disusunlah SDGS Desa. Desa Cantik merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan traget SDGS Desa nomor 17, yakni membangun kemitraan desa dengan BPS melalui penyediaan data-data yang diperlukan di tingkat desa.

Program Desa Cantik (Gampong Cantik) secara teknis di Aceh mesti mendapat dukungan maksimal dari Bappeda, Diskominfotik Kab/Kota, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong, Para Keuchik dan Tokoh Masyarakat Gampong.

Khususnya di Kabupaten Aceh Besar, Pejabat Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto, S.STP, MM yang diwakili oleh Sekda Aceh Besar Drs. Sulaimi, M.Si mencanangkan Gampong Bukit Meusara, Kecamatan Jantho sebagai Desa Cinta Statistik (Cantik) Tahun 2023. Pencanangan tersebut berlangsung di Aula H. Sanusi Wahab, Kantor Bupati Aceh Besar, Selasa (24/10/2023). Turut hadir disana antara lain;Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Aceh Dr. Ahmadriswan Nasution, S.Si, MT, Kepala BPS Aceh Besar Irnanto,ST, Serta unsur Kepala OPD, Camat Kota Jantho, Azhar, S.Sos, Keuchik Bukit Meusara Azhari dan tokoh masyarakat setempat.

Tentu kita patut memberikan apresiasai atas dipilihnya Gampong Bukit Meusara sebagai pilot project Desa Cinta Statistik Tahun 2023. Ini membuktikan Pemerintah Kabupaten Aceh Besar senantiasa merespon setiap kebijakan pusat. Semoga Desa Cantik akan diikuti oleh Gampong lain di Aceh Besar, Keuchik Gampong Meunasah Tuha, Kec. Peukan Bada, Aceh Besar dibawah kepemimpinan Iswadi, kedepan siap menjalankan program Desa Cantik. Tentunya dengan menyiapkan persyaratan teknis yang diatur oleh BPS Pusat. Mimpi besarnya Pak Keuchik Gampong Meunasah Tuha, warganya ceria, gampongnya tertata. Takbir

*Penulis adalah Mantan Wakil Tuha Peut Gampong Meunasah Tuha, Mantan Aktivis`98, Kabid SDM dan Manajemen Disdik Dayah Kota Banda Aceh, Ketua Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah MW KAHMI Aceh Periode 2022-2027

By fmla

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *