Fri. Jun 14th, 2024

BANDA ACEH – Dewan Pengurus Wilayah Syarikat Islam (DPW SI) Provinsi Aceh meluncurkan Program Wakaf Al-Quran serta mengelar buka puasa bersama di Sekretariat nya, pada Sabtu sore kemarin, (8/4/2023), di Banda Aceh.

Wakaf Al-Quran merupakan program perdana yang dilakukan DPW Syarikat Islam Aceh. Adapun sebanyak 179 Al-Quran di wakafkan kepada Rumah Tahfidz Alkafi Banda Aceh. Namun sebelumnya 20 Al-Quran sudah di wakaf ke para tahfiz lainnya.

Ketua DPW SI Aceh, Zulmahdi Hasan, dalam sambutannya mengatakan, program Ramadhan 1444 Hijria yaitu waqaf Al Quran yang merupakan sumbangan dari berbagai pihak.

Menurutnya, Syarikat Islam perlu masuk kesemua lini kehidupan termasuk peningkatan dan penguatan ekonomi umat. “Perlu sentuhan dari Serikat Islam dalam peningkatan dan penguatan ekonomi umat. Untuk itu, kita akan menjalin kerjasama dengan KADIN Aceh dan lembaga lainnya. Harapan kita, tidak saja di bidang ekonomi, Serikat Islam akan masuk kesemua lini l, agar bisa melakukan dan memberikan yang terbaik bagi masyarakat,” kata Zulmadi Hasan.

Namun, lanjut Zulmahdi, SI bukanlah sebuah partai dan sampai saat ini kapasitas SI menjaga jarak dengan partai, meski anggota dan pengurus SI ada dari kader Partai Nasional dan Lokal Aceh.

“Ormas ini menerima semua lembaga dengan harapan dapat menjalankan program-program kerja Serikat Islam dengan maksimal,” ucapnya.

Lebih lanjut Zulmahdi Hasan yang juga Ketua Ikatan Alumni Hukum Ekonomi Syariah (IKAHES) UIN Ar-Raniry menuturkan, Serikat Islam merupakan organisasi Islam tertua di tanah air yang lahir lahir sebelum Indonesia merdeka yaitu pada 1905.

“Sebagai Ormas tertua, sebab itu kita harapkan pertemuan hari ini lebih dari sekedar silaturrahim, tetapi bagaimana kita bersama-sama mendukung dan mensukseskan program kita untuk kemaslahatan umat. Termasuk program yang kita launching hari ini, tepatan dengan 17 Ramadhan yaitu Waqaf Alquran.

Selesai memberi sambutan singkat, kemudian acara dilanjut dengan mendengarkan tausiah dari Ustadz Dr. Ir. H. Basri A. Bakar, MSi. Penceramah adalah Peneliti Pertanian dan Sekjen Forum Silaturrahim Kemakmuran Masjid Serantau (Forsimas) Pusat.

Selesai tausiah dilanjutkan berbuka puasa bersama, shalat magrib dan tarawih di mushala Sekretariat DPW Serikat Islam di Pocut Baren, Banda Aceh. Turut hadir tokoh masyarakat Aceh mantan wakil Ketua RUUPA DPR RI, Abu Muhammad Yus, Ketua KADIN dan Apindo Aceh, serta pengurus Perempuan Syarikat Islam Aceh. (Red)

By fmla

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *