Sat. Jul 27th, 2024

Banda Aceh- Flower Aceh merupakan Lembaga Swadaya Masyarakat yang memfokuskan kerja pada aspek perempuan, kesehatan, kepemimpinan, kebencanaan dan lingkungan. Lembaga yang berdiri sejak 23 September 1989.  Lembaga ini akan melatih sebanyak 24 guru dayah dalam bidang kesehatan dalam program Sekolah/Madrasah/Dayah Sehat di Provinsi Aceh, ungkap Direktur Eksekutif Flower Aceh Riswati, S.Pd.I, M.Si. Kegiatan ini direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 25-26 Januari 2023 di Sei Hotel Banda Aceh Jalan Tanoh Abee No.71 Gampong Mulia, Kecamatan Kuta Alam. Kegiatan ini juga melibatkan peserta unsur Puskesmas dan Disdik Dayah yang menjadi locus masing-masing dayah yang ada di Banda Aceh dan Aceh Besar. masing-masing dayah mengirim peserta sebanyak 4 orang (2 laki-laki dan 2 perempuan). Adapun Dayah dimaksud antara lain; Dayah Modern Babun Najah, Dayah Terpadu Inshafuddin, Dayah Misbahussalihin Al Waliyah, Dayah Markaz Al Ishlah Al Aziziyah, Dayah Thalibul Huda serta Dayah MUQ Pagar Air.

Lebih lanjut Riswati mengatakan kegiatan ini mendapat dukungan dana maksimal Unicef melalui Flower Aceh dalam kerjasama Unicef dengan Pemerintah Republik Indonesia MYWP 2022. Lebih lanjut Riswati melalui Hendra Staf Flower Aceh mengatakan, Tahun 2023 menjalin mitra bestari dengan Disdik Dayah Banda Aceh dalam kegiatan pelatihan komponen gizi dalam penguatan program Sekolah/Madrasah/Dayah Sehat di Provinsi Aceh dengan mengambil locus Dayah yang ada Banda Aceh dan Aceh Besar sebanyak 6 dayah sebagai pilot project Tahun 2023. Kegiatan ini bertujuan antara lain; pertama; meningkatkan kapasitas guru dayah dalam penerapan program sekolah/madrasah/dayah sehat, kedua; adanya komitmen dan dukungan sekolah/madrasah/dayah sehat, ketiga; meningkat kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan bagi peserta didik serta meningkatnya mutu pendidikan dan prestasi belajat peserta didik di lingkungan dayah. Pihak Donatur, Unicef dr. Tasya mengatakan program kemitraan (Unicef, Flower Aceh dan Disdik Dayah Banda Aceh) dalam upaya pencegahan stunting yang menjadi salah satu program nasional.

Sementara Muhammad,S.Sos,MM Kepala Disdik Dayah Banda Aceh memberikan apresiasi dan dukungan atas kemitraan Flower Aceh dengan Disdik Dayah Kota Banda Aceh dalam menjalankan program Sekolah/Madrasah/Dayah Sehat. Semoga kegiatan ini akan terus berjalan secara periodik. Kita juga berharap program ini akan dilanjutkan pada dayah-dayah yang ada di Banda Aceh, ungkap Muhammad melalui Kabid SDM dan Manajemen Disdik Dayah Banda Aceh, Muhammad Syarif, SHI,M.H. Apa yang dilakukan oleh Flower Aceh-Unicef merupakan ikhtiar besar dalam mewujudkan santri dayah sehat di Aceh pada umumnya dan Banda Aceh serta Aceh Besar khususnya. (Red)

By fmla

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *