Fri. Jun 14th, 2024

Oleh Bung Syarif*

Muhammad Iswanto, lahir di Blang Bintang 10 April 1981, Putra asli Aceh Besar kini resmi menjabat sebagai Pj Bupati Aceh Besar, yang dilantik oleh Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki di Anjong Mon Mata, Komplek Meuligoe Guberbur Aceh, kamis (14/7/2022) bersama empat Bupati lainnya yaitu ; Syakir, Pj Bupati Aceh Tenggara, Rasyidin Porang Pj Bupati Gayo Lues, Fitriany Pj Bupati Nagan Raya, Mahdi Efendi Pj Bupati Aceh Barat.

Muhammad Iswanto (MI) memiliki hobi membaca dan berolahraga. Memulai pendidikan sekolah dasar di SD Cot Meuraja Blang Bintang pada 1993, kemudian melanjutkan SMP Blang Bintang dan SMAN 3 Banda Aceh. Selanjutnya Iswanto melanjutkan pendidikan S-1 STPDN Jatinagor dan S2 Magister Manajemen Unsyiah.

MI, karir birokratnya sangat melejit diawali sebagai ADC Bupati Aceh Besar, Kasubbag Humas dan Protokol Setdakab Aceh Besar, Sekretaris Kecamatan Lhoknga Aceh Besar, Kabag Humas dan Protokol Setdakab Aceh Besar. Kemudian beliau melakukan lompatan karir dilevel Provinsi Aceh sebagai Kasi Koordinasi Antar Lembaga Bidang Hubungan Antar Lembaga pada Satpol PP dan WH Aceh, Kabag Perencanaan dan Kerjasama pada Sekretariat Lembaga Wali Nanggroe, Kabid Linmas pada Satpol PP dan WH Aceh.

Kemudian menjabat Plt Sekretaris pada Satpol PP dan WH Aceh, Kepala Sekretariat Baitul Mal Aceh, Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, dan terakhir Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Aceh.

Pasca dilantik sebagai Pj Bupati Aceh Besar, 14 Juli 2022, MI, mengatakan akan menindaklanjuti semua arahan Pj Gubernur Aceh dalam memimpin Kabupaten Aceh Besar. Semua program yang dijalankan akan diselaraskan dengan kebijakan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Aceh.“Kita prinsipnya tegak lurus ke atas,”ungkap Iswanto.

Kelincahan MI dalam menjalankan roda Pemerintahan tak diragukan. Ia menyapa Abu, Waled, Abana (Para Pimpinan Dayah di Aceh Besar) menjalin komunikasi dengan tokoh adat, agama dan tokoh pemuda serta pimpinan Partai Politik. Kehadirannya diterima dengan guyub oleh semua komponen. Layak disebut The Real Bupati Aceh Besar. Berbagai program dengan respon cepat ia tuntaskan. Selama 5 bulan ini elektabilitasnya semakin familiar di pusaran warga Aceh Besar. Berbagai amanah yang diberikan padanya ditunaikan dengan respon cepat, covid yang dulunya meninggi di Aceh Besar, kini melandai, termasuk juga penyakit hewan menular, mampu dituntaskan oleh Iswanto.

Diantara Pj Bupati di Aceh, Iswanto merupakan sosok Pj Bupati termuda, mungkin juga termuda di nusantara. Ketulusan pengabdiannya membuat semua berjalan mulus. Ikhtiar sudah maksimal, maka selanjutnya kembalikan pada Allah. Dulunya saat beliau sebagai Karo Humas Setda Aceh kami sering berkomunikasi soal leksikon kebangsaan.

Selaku warga Aceh Besar yang berkhitmat sebagai ASN Kota Banda Aceh tentu bangga pada Iswanto. Sukses terus sobat, saya doakan kelak menjadi The Real Bupati Aceh Besar. Tidak ada yang mustahil, semua mungkin. Iswanto membangu peradaban baru didunia birokratik Aceh umumnya dan Aceh Besar Khususnya. Beliau sudah buktikan saatnya yang muda berbakti buat kemajuan Aceh Besar.  Namanya kini semakin harum dan wangi. Jagad maya bergemuruh, Alam nyata menyambut gegap gempita.

Beliau salah satu sosok Pj Bupati yang mendapat simpatik awak media. Hampir tiap hari dentingan kiprahnya bergentayangan diberbagai media massa. Jika beberapa Pj Bupati hampir tidak kedengaran kiprahnya, Iswanto selalu tampil mempesona dan berkibar namanya. Sekali lagih tahniah buat Pak Pj Bupati Aceh Besar. Beliau juga sosok pejabat publik yang ramah dengan warganya, tiap kami sms selalu dibalas dengan gercap. Kudoakan suatu saat nantinya jadi Bupati Aceh Besar depinitif. Sukses terus Pak Pj Bupati yang semakin qece dan merakyat.

*Penulis adalah Warga Aceh Besar, Mantan Aktivis`98, Alumni Lemhannas Pemuda Angkatan I, Fungsionaris KAHMI Aceh, Mantan Sekjen DPP ISKADA Aceh, Dosen FSH UIN Ar-Raniry

By fmla

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *