Wed. Jul 24th, 2024

Oleh Bung Syarif *

Siapa yang tak kenal dengan Mahdi Andela, sosok Pranata Humas Ahli Muda pada Diskominfotik Kota Banda Aceh. Sebagaimana dipahami sejak 31 Desember 2021 Pemerintah Kota Banda Aceh melakukan penyetaran Jabatan Struktural Eselon IV.a menjadi Jabatan fungsional tertentu di Instansi masing-masing.

Mahdi yang dulunya menjabat Kepala Seksi Penyediaan Konten dan Pengelolaan Media Komunikasi Publik pada Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Banda Aceh, kini resmi menjadi Pranata Humas Ahli Muda.

Pemuda kelahiran Sigli, 19 Agustus 1972 meniti karir perdananya sebagai ASN dengan profesi cekgu. Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris ini, mengawali karir strukturalnya sebagai Kepala Tata Usaha SMK Negeri 5 Banda Aceh pada tanggal 30 Agustus 2012.

Sosok Mahdi, S.Pd, MM pernah menduduki berbagai jabatan Struktural dilingkungan Pemerintah Kota Banda Aceh meliputi; Kasubbag Hubungan Kelembagaan dan Media Center pada Bagian Humas Setda Kota Banda Aceh (2013), Kepala Subbagian Pemberitaan pada Bagian Humas Setda Kota Banda Aceh (2016), Kepala Seksi Penguata Sumber Daya Komunikasi dan Ekosistem Smart City pada Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Banda Aceh (2018), Kepala Seksi Penyediaan Konten dan Pengelolaan Media Komunikasi Publik pada Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Banda Aceh (2020 hingga 31 Desember 2021).

Mahdi Andela pemilik nama pena di media sosial dikenal aktif menyampaikan konten seputar perkembangan Kota Banda Aceh dengan framing rilek dan terpesona. Awalnya terkesan biasa-biasa saja dan sesekali dengan gaya kocak dan santai, lama-kelamaan semakin elegan dan mempesona.

Dalam gerakan diluar dunia birokrasi, Mahdi Andela Aktif diberbagai Ormas dan OKP, sebut saja Ketua GM Kosgoro Banda Aceh (2010-2012),  Wakil Ketua KNPI Kota Banda Aceh (2012-2015), Wakil Ketua MPI Kota Banda Aceh (2016-2019), Ketua Letupan Provinsi Aceh (2014-2016), Ketua DPP Generasi Muda Mathla`ul Anwar (2015-2020), Wakil Sekretaris MPI Aceh (20217-2020).

Mahdi bukan hanya lincah dalam menulis opini, akan tetapi sangat lihai dalam membangun relasi dengan berbagai redaktul pelaksana media, baik lokal dan nasional. Ia juga aktif terlibat dalam perkumpulan Kehumasan Provinsi Aceh. Sukses terus kawan. Anda memang layak jadi Pranata Humas Ahli Madya kedepan.

Pasca dinobatkan sebagai Punggawa Pranata Humas Ahli Muda,.Mahdi semakin lihai dalam mendendangkan ulasan seputar kehumasan, khazanah intelektual media massa.Ia paling produktif diantara ASN yang dinobatkan sebagai Pranata Humas Ahli Muda. Kalau yang lain tak ada ulasan, bahkan terkesan tiarap. Mahdi Andela tampil dengan gagah perkasa dan semakin mempesona. Sukses terus bro. Ulasannya Kita bukan robot, maka perlu ngopi dahsyat, bro. Aye suka gayanya. Insya Allah kedepan Saudaraku Mahdi Andela sangat layak sebagai Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Banda Aceh.

*Penulis adalah Kabis SDM dan Manajemen Disdik Dayah Banda Aceh, Suka berselancar di Sosmed

By fmla

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *