Fri. Jun 14th, 2024

Oleh Muhammad Syarif*

Kali ini saya mencoba menarasikan sosok “Heru Triwijanarko, S. STP, M. Si”, lahir di Banda Aceh pada Tanggal 4 Januari 1980. Anak ketiga dari tiga bersaudara Lulusan Angkatan X STPDN Tahun 2002. Saya mengenalnya sejak beliau menjadi Sekretaris Disdik Dayah Banda Aceh (2018-2019). Sosok anak muda ini kini dipercayakan menjadi Kepala Badan Kesbangpol Kota Banda Aceh. Saat melakukan silaturrahmi kebangsaan, sesama alumni Pungawa Disdik Dayah Banda Aceh, ia semakin aduhai saja. Kecintaannya pada tugas merekatkan kebhinekaan, tidak diragukan. Merangkul kawan adalah tradisinya, Sabtu 6 Agustus 2022 sayapun diundang istimewa menyantap bebek kebangsaan di ruang Kesbangpol Banda Aceh. Mantap betul kawan yang satu ini. Hatiku bergumam.

Saat menjadi Plt Kasatpol PP dan WH Kota Banda Aceh dan Plt Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Banda Aceh ia juga sering mengundang kami makan, baik di tepi kali, pohon siri dan beberapa warkop aduhai. Mantan Staf Ahli Walikota Banda Aceh ini, kini semakin dekat dengan Pj Walikota Banda Aceh, dalam giat Jum`at dan Safari Sajadah Fajar ia selalu tampil elegan dengan baju jubah kebesaran. Kombes Heru, bereh!.

Kami pernah satu kesebelasan dengannya saat Heru menjabat Sekretaris Disdik Dayah Banda Aceh. Kala itu Heru sering saya ajak Saweu Dayah. Ia pun sosok yang ceria dan terpesona. Gue suka gaya lhoe, sobat. Sukse terus.

Mengawali karir di Pemerintah Kota Banda Aceh sebagai staf pejabat pembuat akta tanah pada Kantor Camat Ulee Kareng Kota Banda Aceh (2002-2004), selanjutnya hijrah sebagai Sekretaris Lurah Peulanggahan Kecamatan Kutaraja (2004-2005), Kasubbid Kerjasama Pembangunan pada Bappeda Kota Banda Aceh (2005-2008), Sekretaris Camat Meuraxa (2008-2010), Sekretaris Camat Baiturrahman (2010-2013), Sekretaris Camat Syiah Kuala(2013-2014), Sekretaris Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (2014-2015), Camat Meuraxa(2015-2016), Kepala Bagian Organisasi Setda Kota Banda Aceh (2016-2018) dan saat ini menjabat sebagai Sekretaris Dinas Pendidikan Dayah Kota Banda Aceh (2018 s/d 2019), Staf Ahli Walikota Banda Aceh (2021) dan kini sebagai Badan Intelijen Kota, hehe saya menyebutnya.

Tidak ada yang berubah pada sosok anak muda ini, hobi memotret apa saja yang ada masih ia lakoni. Pokoknya mengintip Instagamnya kita ibarat mengintip seribu satu keindahan alam dan sejuta pesona. Yang pasti Heru punya semangat yang tinggi dalam menjalankan amanah yang diberikan pimpinan padanya. Satu yang saya suka walau kami beda dunia persilatan, dimana ia Alumni IPDN Jatinangor Kosentrasi Ilmu Pemerintahan dan saya Alumni Magister USK dengan Kosentrasi Hukum Tata Negara, hubungan kolegial birokratik tetap harmoni. Sukses terus Kombes Heru, Takbir.

* Penulis adalah Kabid SDM dan Manajemen Disdik Dayah Banda Aceh, Direktur Aceh Research Institute (ARI), Sekretaris Forum Muda Lemhannas Aceh, Dosen Legal Drafting FSH UIN Ar-Raniry

By fmla

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *