Thu. Feb 22nd, 2024

Banda Aceh – Pj Wali Kota Banda Aceh Amiruddin menerima kunjungan kerja Direktur Diseminasi dan Pemanfaatan Riset dan Inovasi Daerah, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Oetami Dewi, di pendopo, Kamis, 26 Oktober 2023.

Pada kesempatan itu, Amiruddin didampingi oleh Asisten Administrasi Umum Setdako Banda Aceh Faisal, Kepala Bappeda Rahmatsyah Alam, dan sejumlah pejabat lainnya. Sementara Oetami Dewi, hadir bersama PIC BRIN untuk wilayah Aceh.

Dalam pertemuan penuh keakraban, kedua belah pihak membahas tentang progres pembentukan Badan Perencanaan Pembangunan, Riset, dan Inovasi Daerah (Bapperida) -suksesor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) di Banda Aceh.

Oetami Dewi menyampaikan tujuan kunjungan kerjanya untuk memberi pendampingan pembentukan Bapperida atau Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida). “Kita terus mendorong daerah-daerah baik provinsi, kabupaten/kota di Indonesia untuk segera melakukan pembentukan Brida maupun Bapperida.”

Banda Aceh sendiri, katanya, termasuk dalam 15 kabupaten/kota lainnya di Aceh yang telah mengusulkan pembentukan Brida. Ia pun sangat berharap Brida Banda Aceh nantinya dapat menjadi icon Aceh dan wilayah lainnya, “Agar ke depannya ekosistem riset dan inovasi dapat tumbuh dan berkembang.”

Sementara menurut Pj Wali Kota Amiruddin, pembentukan Brida begitu penting karena perencanan pembangunan daerah harus diawali dengan kajian, penelitian, data yang kuat, dan inovasi. “Dengan begitu, bisalebih terarah dan tepat sasaran sesuai dengan kondisi daerah.”

Untuk saat ini, Banda Aceh sudah mulai melakukan proses pembentukan Brida, namun untuk tahap awal masih dilebur dengan Bappeda, yaitu Bapperida. “Dan ini sudah sampai pembahasan di DPRK, semoga bisa rampung dalam tahun ini,” ujarnya .

“Ini (Bapperida) masih tahap awal. Setelah mendapatkan banyak arahan dan masukan dari BRIN pada pertemuan ini, ke depannya kita akan kembangkan menjadi Brida. Mudah-mudahan dapat segera kita wujudkan sesuai dengan kemampuan daerah.” (red)

By fmla

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *