Wed. Jul 24th, 2024

Oleh Bung Syarif*

Hai, Masbro, kasus penyalahgunaan narkoba tidak mengenal jenis kelamin dan usia, siapa saja berpotensi terjerumus dalam narkotika. Mulai dari remaja, orang tua, publik figur dan lain sebagainya dapat terjerumus dalam konsumsi narkoba.

Meskipun terdapat beberapa jenis narkotika yang diperbolehkan dipakai untuk pengobatan, namun harus berdasarkan pengawasan ketat dari dokter. Penyalahgunaan ini dapat berbahaya tidak hanya jangka pendek, namun dalam jangka panjang dapat merusak diri dan orang lain. Karnanya Stop Narkoba.

Masbro, berikut ini bahaya atau dampak mengkonsumsi narkoba bagi kesehatan:

Dehidrasi

Narkoba yang disalahgunakan dapat menyebabkan keseimbangan elektrolit berkurang, sehingga berakibat badan akan mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi.
Konsumsi narkoba terus menerus (kecanduan) membuat tubuh mengalami kejang-kejang, halusinasi, perilaku agresif dan rasa sesak bagian dada. Dalam jangka panjang, dehidrasi ini juga dapat menyebabkan kerusakan pada otak.

Halusinasi

Salah satu efek yang seringkali dialami oleh pengguna narkoba seperti ganja adalah halusinasi. Konsumsi ganja dalam dosis yang besar juga dapat menyebabkan mual, muntah, rasa takut, serta gangguan kecemasan. Sementara jika dipakai dengan waktu yang lama, narkoba jenis ini dapat menyebabkan gangguan mental, depresi dan kecemasan yang berlarut.

Menurunkan tingkat kesadaran

Dampak pemakaian narkoba dengan dosis yang berlebih akan membuat tubuh terlalu rileks hingga kesadaran menjadi berkurang. Bahkan pemakaia narkoba bisa tidur terus menerus dan tidak bangun dalam jangka waktu tertentu. Risiko kehilangan kesadaran tersebut membuat kondisi tubuh terganggu, sering bingun dan perubahan perilaku bagi pengguna. Serta dampak yang cukup parah adalah hilangnya ingatan disertai sulitnya mengenai lingkungan sekitar.

Buruknya kualitas hidup

Tidak hanya bagi tubuh, narkoba juga berdampak bagi kualitas hidup seseorang. Contohnya, pengguna narkoba akan kesulitan berkonsentrasi saat bekerja, terjerat masalah keuangan, bahkan ditangkap pihak kepolisian karena terbukti melanggar hukum. Kualitas hidup juga terganggu dengan hilangnya relasi, keluarga menjadi kacau, kesehatan memburuk dan memicu kematian.

Kematian

Dampak terburuk bagi pengguna narkoba adalah kematian. efek obat-obatan ini dapat terjadi bagi pengguna yang mengonsumsi dosis terlalu tinggi hingga menyebabkan overdosis. Narkoba seperti sabu-sabu, opium dan kokain dapat menyebabkan tubuh menjadi kejang-kejang. Jika kondisi tersebut dibiarkan terus menerus, si pengguna dapat menegalami kematian. Maka dari itu, Masbro, jaga kesehatan dan stop narkoba. Hari gini masih pakai narkoba,

*Penulis Penggiat Anti Narkotika, Suka berselancar di Medsos

By fmla

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *